Breaking News:

HUT Ke-3 Holding BUMN Pertambangan, PTBA Renovasi Rumah Sakit dan Bantu PCR Covid-19

Adanya alat PCR ini diharapkan dapat memitigasi penyebaran Covid -19 di Kabupaten Muaraenim dan khusunya di Tanjung Enim.

TRIBUN SUMSEL/SHINTA DWI ANGGRAINI
Suasana penyerahan bantuan rehab laboratorium PCR sekaligus membantu pengadaan alat PCR kepada Rumah Sakit Bukit Asam Medika (RSBAM) Tanjung Enim oleh Dirut PTBA Arviyan Arifin kepada Plt Bupati Muaraenim, H Juarsah SH. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Holding BUMN Pertambangan Indonesia Mind ID, PT Bukit Asam (PTBA) Tbk berikan bantuan yakni rehab laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) sekaligus membantu pengadaan alat PCR kepada Rumah Sakit Bukit Asam Medika (RSBAM) Tanjung Enim yang menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 di Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muaraenim.

Bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Direktur Utama (Dirut) PTBA, Arviyan Arifin kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muaraenim, H  Juarsah, SH selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Muaraenim, di RSBAM Tanjung Enim Lawang Kidul, Selasa (10/11/2020).

Seperti yang dikatakan Dirut PTBA Arviyan Arivin bahwa PTBA kembali merealisasikan komitmennya dan membuktikan kepeduliannya dalam memerangi wabah Covid-19 dengan menyerahkan bantuan alat PCR dan renovasi laborarorium rumah sakit dengan total senilai Rp 5.096.698. 181 atau Rp 5,09 miliar sekaligus untuk menyemarakkan Charity Week we explore ke-3 Mind ID.

"Adapun bantuan yang kita serahkan meliputi renovasi laboratorium PCR senilai Rp 596.890.000. Kemudian, pengadaan alat PCR Rp 4.499.808.181 dengan rincian berupa penyediaan mesin M2000 system senilai Rp 4,1 miliar, BSC II A senilai Rp 161,7 juta, freezer, mikropipet 1000 UI 2 set, Vortec Boeco V2H, dan Reagen 1 kit 96 tes full,"katanya.

Ia juga mengatakan adanya alat PCR ini diharapkan dapat memitigasi penyebaran Covid -19 di Kabupaten Muaraenim dan khusunya di Tanjung Enim.

"PTBA secara aktif terus berkontribusi dalam memerangi wabah Covid-19 sejak awal pandemi melanda negeri ini. Hingga Agustus 2020, dana CSR yang disalurkan oleh PTBA untuk penanganan wabah Covid-19 mencapai Rp 15,3 miliar,"katanya.

Ia juga mengatakan bantuan dana tanggap Covid-19 ini terdiri dari bantuan alat kesehatan, bantuan langsung ke masyarakat maupun komunitas untuk sarana dan prasarana mendukung protokol kesehatan, sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 dan lainnya.

"Selain itu, bantuan ke masyarakat diberikan tidak hanya untuk warga sekitar area pertambangan PTBA yang berada di Kabupaten Muaraenim, Kota Lahat, dan Prabumulih. Namun juga untuk warga yang berada di provinsi lainnya di Sumatera melalui Penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bina Lingkungan Insidentil,"katanya.

Hingga saat ini PTBA terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Mulai dari membiasakan cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, etika saat batuk, dan lainnya.

"Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Plt. Bupati Muara Enim atas support yang selama ini diberikan kepada PTBA. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan dihindarkan dari Covid-19," tutup Arviyan.

Sementara itu, Plt Bupati Muaraenim, H Juarsah SH menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kepedulian PTBA yang memberikan bantuan rehab laboratorium PCR dan bantuan pengadaan PCR guna memerangi wabah Covid-19.

"Alat ini sangat penting dalam rangka antisipasi Covid-19. Dengan ketatnya protokol kesehatan, kondisi Covid-19 di Muaraenim sudah cukup baik, banyak yang sudah sembuh, dan harapan kita alat ini tidak digunakan sama sekali, namun jika memang digunakan, semoga alat ini bisa membantu dalam upaya menekan angka covid 19 di Kabupaten Muaraenim, dan kita berharap semoga covid 19 ini segera hilang sepenuhnya. Terima kasih kepada PTBA yang sangat peduli terhadap penanganan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim," ungkap Plt. Bupati.

Selain bantuan alat PCR dan renovasi laboratorium rumah sakit, PTBA melalui Corporate Sosialy Responsibility (CSR) juga membagikan 1.050 paket Rosella, 2.100 masker batik kujur untuk 7 Desa yang berada di Kecamatan Lawang Kidul, masing - masing desa menerima 150 paket Rosella dan 300 batik kujur.

Pemberian rosella dan pembagian masker merupakan langkah PTBA membantu Pemerintah dalam upaya memutus mata rantai Covid-19 khususnya di kabupaten Muaraenim.

Ikuti Kami di Google

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved