Breaking News:

Tips Menjaga Kulit Tetap Halus dan Nyaman Ketika Memakai Masker

Ada beberapa tips dianjurkan dokter kulit agar tetap nyaman saat menerapkan protokol kesehatan ini terutama saat memakai masker dan mencuci tangan.

TRIBUN SUMSEL/RAY HAPPYENI/ISTIMEWA
Dokter spesialis Kulit dan Kelamin di Klinik Aditia Palembang dr Indah Permatasari SpKK. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Selama masa pandemi covid-19 setiap warga dianjurkan menerapkan protokol kesehatan Ingat Pesan Ibu 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan serta mencuci tangan dengan sabun.

Ada beberapa tips yang dianjurkan dokter kulit agar tetap nyaman saat menerapkan protokol kesehatan ini terutama saat memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun.

Berikut ini adalah saran dr Indah Permatasari SpKK dokter spesialis Kulit dan Kelamin di Klinik Aditia Palembang supaya tetap nyaman dan kulit selalu sehat saat memakai masker dan mencuci tangan.

1.Rutin Ganti Masker

Biasakan untuk secara rutin mengganti masker setiap empat jam. Dalam hal ini ketika memakai masker sekali pakai. Demikian juga kalau mengenakan masker kain. Kalaupun memakai masker kain, setiap empat jam ganti masker kain dengan masker kain lainnya yang bersih.

“Ganti masker secara rutin setiap empat jam, untuk memastikan kita mengenakan masker yang layak pakai,” kata dr Indah Permatasari, Rabu (21/10/2020).

2. Bahan Lembut

Gunakan masker berbahan lembut, seperti bahan katun yang mudah menyerap keringat. Dengan demikian masker bisa tetap menjaga kondisi kulit terutama bagian yang tertutup masker.

3. Tak Ada Sisa Deterjen

Bagi yang mengenakan masker kain, cuci masker dengan deterjen yang lembut, bilas dengan air sampai deterjen benar benar hilang.
“Ini untuk mencegah sisa deterjen pada masker kain yang bisa menyebabkan iritasi,” kata dr Indah.

Halaman
12
Penulis: Ray Happyeni
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved