Breaking News:

Tangani Kasus Virus Corona, Klaim Rumah Sakit Mencapai Rp 12 Triliun, Pemerintah Masih Ngutang

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Tagihan Klaim Rumah Sakit Mencapai Rp 12 Triliun, Baru Dibayar Rp 7,1 Triliun

TRIBUN BANYUMAS/PERMATA PUTRA SEJATI
ILUSTRASI - Suasana simulasi penanganan pasien virus corona di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Purwokerto, belum lama ini. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Kasus virus corona masih terjadi di Indonesia.

Bahkan jumlahnya terus bertambah.

Untuk menangani kasus virus corona inipun diperlukan dana yang sangat besar.

Kementerian Kesehatan RI menyatakan, pemerintah telah membayarkan klaim rumah sakit yang menangani Covid-19 sebesar Rp 7,1 triliun dari tagihan yang masuk sebesar Rp 12 triliun.

Hal itu diungkap, Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir, dalam konferensi pers virtual, Jumat (16/10/2020).

Ia merinci dana tersebut berasal dari 6,2 triliun yang merupakan dana dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Kesehatan dan dari Dana Siap Pakai (DSP) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp950 miliar.

"Kalau kita total pembayaran klaim yang telah dilakukan pemerintah adalah 7,1 triliun," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemerintah menyiapkan dana klaim keseluruhan untuk Rumah Sakit yang menangani Covid-19 sebesar 21 triliun.

"Jadi memang total klaim pembayaran yang disiapkan pemerintah untuk pembayaran klaim ini 21 triliun. Ini uang yang disiapkan pemerintah untuk pembayaran klaim," jelas Kadir.

Sementara untuk tagihan yang masuk, hingga 15 Oktober 2020 berjumlah 12 triliun.

“Berarti yang belum dibayar masih dalam proses verifikasi itu ada sekitar 4 triliun lebih, ini masih dalam proses verifikasi," lanjut Kadir.

Dirinya mengungkapkan, dari data tersebut pemerintah membayarkan klaim sekitar Rp150 miliar hingga Rp180 miliar per hari ke rumah sakit yang menangani Covid-19.

"Maka dalam satu bulan itu pemerintah membayarkan sekitar Rp3 triliun lebih kepada rumah sakit untul pelayanan dan perawatan pasien Covid-19," ungkap Kadir.

Artikel ini telah tayang di Tribunnewas dengan judul Rp 7,1 Triliun Klaim Rumah Sakit yang Tangani Covid-19 Telah Dibayar Kemenkes 

Editor: Slamet Teguh
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved