Breaking News:

PSBB Jakarta Ganggu Suplai Honda Brio dan HRV ke Palembang, Konsumen Tunggu 1-2 Bulan

Sulitnya suplai mobil ke daerah juga membuat mobil yang dipesan konsumen terpaksa harus menunggu lebih lama

Tribun Sumsel/ Hartati
Sales Counter Honda Mobil Tanjung Api-api Sahabat Motor Group memperlihatakan mobil Honda HRV yang menjadi salah satu mobil favorit pelanggan 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta ikut andil menyumbang merosotnya penjualan mobil di daerah, seperti yang dirasakan Honda mobil.

Branch Manager Honda Tanjung Api-Api Sahabat Motor Group, Zainul Arifin mengatakan, penjualan agak tersendat karena dampak pandemi Covid-19 membuat masyarakat di rumah saja sehingga belum memikirkan akan membeli kendaraan baru.

Dari target penjualan 100 mobil setiap bulan hanya bisa menembus angka 70an unit.

Ini sudah termasuk bagus karena target penjualan, sebelumnya jauh lebih besar namun karena pandemi target penjualan juga ikut direvisi menyesuaikan kondisi di lapangan.

Sulitnya suplai mobil ke daerah juga membuat mobil yang dipesan konsumen terpaksa harus menunggu lebih lama.

Unit favorit seperti Honda Brio dan HRV dengan warna random memerlukan waktu tunggu satu bulan.

Jika konsumen memilih warna favorit misalnya kuning, merah dan warna yang jarang ada, maka waktu tunggunya akan lebih lama hingga dua bulan.

"PSBB membuat waktu bekerja di pabrik dan pengiriman terbatas sehingga suplai berkurang," ujar Zainul ditemui di kantornya, Rabu (13/10/2020).

Baca juga: 4 Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan yang Harus Jadi Perhatian, Diantaranya Cek Rantai Motor

Zainul menjelaskan saat ini penjualan 60 persen disokong penjualan online dan sisanya offline 40 persen.

Dia mengatakan penjualan online saat ini menjadi andalan karena masyarakat masih memilih berdiam diri di rumah saja sehingga jika ingin membeli mobil Honda bisa memanfaatkan website resmi Honda mobil, iklan berbayar Honda mobil yang diposting pada sejumlah laman platform belanja online hingga media sosial.

Sementara itu penjualan offline masih dilakukan misalnya dengan membuka stand pameran di mall, pusat restoran, hingga lokasi strategis lainya yang memungkinkan bisa mendatangkan pembeli.

Kemudahan mendapatkan informasi seputar Honda mobil ini diharapakan bisa memudahkan konsumen membeli mobil yang diinginkan sehingga hanya perlu datang ke showroom saat akan melakukan perhitungan kredit saja dan juga serah terima kendaraan.

"Proses kredit kendaraan juga agak sulit karena kantor leasing juga menerapkan WFH sehingga prosesnya sedikit lambat. Semoga pandemi cepat usai dan ekonomi bisa segera pulih kembali," tutupnya.

Penulis: Hartati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved