Breaking News:

Mulai Saat Ini Perhatikan Posisi Roda Saat Parkir, Bila Tidak Ingin Power Steering Mobil Cepat Rusak

Kebiasaan yang bisa merusak power steering yaitu saat sudah parkir, posisi ban tidak lurus.

Editor: Siemen Martin
Ist
Setir 

TRIBUNSUMSEL.COM - Mulai sekarang hentikan cara parkir seperti ini

Power steering yang digunakan pada mobil saat ini terbagi menjadi dua, dengan hidrolik, dan elektrik. Untuk pengoperasiannya, power steering hidrolik dibantu oli, sedangkan elektrik memakai motor listrik.

Ada juga sebuah mitos yang mengatakan kalau terlalu sering memutar setir sampai mentok, baik ketika parkir maupun putar balik, akan mempercepat usia power steering, benarkah demikian?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, hal tersebut lebih ke mitos saja, memutar setir sampai mentok tidak akan merusak power steering.

“ Power steering hidrolik sudah disesuaikan desainnya di kendaraan. Jadi pas parkir atau putar balik, walaupun setir sampai mentok, tidak akan merusak power steering,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Kamis (24/9/2020).

Ketika memutar setir, memang ada pembatasnya atau stopper.

Suparna mengatakan, masih aman jika memutar setir sampai batas tersebut.

Kebiasaan yang bisa merusak power steering yaitu saat sudah parkir, posisi ban tidak lurus.

“Kondisi ini pada power steering hidrolik bisa rusak karena tekanan minyak kanan dan kiri enggak sama, berlebih di satu sisi. Hal ini yang menyebabkan usia seal jadi lebih pendek, karena diam tapi masih terkena tekanan” kata Suparna.

Suparna menambahkan tips agar power steering lebih awet, baik yang masih hidrolik maupun elektrik. Tipsnya yaitu jangan terlalu banyak memutar setir saat kendaraan diam. Karena, saat mobil diam, beban steering paling besar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved