Breaking News:

Warga Desa Menang Raya OKI Sulap Rumput Purun Jadi Masker dan Aneka Produk Kerajinan Tangan

Saat ini di Desa Menang Raya, hanya ada 80 hektare lahan purun. Dimana angka itu sudah menurun dari beberapa tahun belakangan

TRIBUN SUMSEL/SHINTA ANGGRAINI
RUMPUT PURUN - Hasil kerajinan tangan seperti tas, dompet hingga tanjak berbahan dasar purun hasil karya masyarakat Desa Menang Raya, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang tampilkan dalam pameran hasil produk pangan, kerajinan, pertanian dan pertanian dari kelompok masyarakat gambut Sumsel digelar, Jumat (11/9/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pameran hasil produk pangan, kerajinan, pertanian dan pertanian dari kelompok masyarakat gambut Sumsel digelar, Jumat (11/9/2020).

Salah satu yang ditampilkan adalah kerajinan tangan
berbahan purun yang merupakan hasil karya masyarakat Desa Menang Raya, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel.

Diketahui purun sendiri termasuk ke dalam sejenis rumput yang memang kerap diolah sebagai bahan anyam-anyaman.

Kepala Desa Menang Raya Suparedy mengatakan, purun dapat diolah menjadi berbagai kerajinan tangan yang dapat dimanfaatkan sebagai barang keperluan sehari-hari.

"Bisa dibuat tikar, tanjak, dompet, tas, tumbles, hiasan dinding, masker sampai bakul nasi dan masih banyak lagi," ujarnya.

Melalui gabungan kelompok tani (gapoktan) binaan Badan Restorasi Gambut (BRG), masyarakat Desa Menang Raya membentuk suatu kelompok yang diberi nama Mawar.

Berisikan 16 pengrajin dengan keseluruhan 21 anggota, kelompok Mawar terus berinovasi dalam mengembangkan hasil karya berbahan purun yang mereka kelola.

"Bahkan kita juga berencana untuk memasarkan sendal berbahan purun dan targetnya akan coba kita pasarkan di seluruh hotel di Indonesia," ujarnya.

Biasanya dari kerajinan purun untuk satu tikar ukuran 1x2 meter berasal dari 500 batang purun dan per batang dihargai Rp.8 ribu.

Sedangkan produk seperti sendal atau tas, dalam pengolahannya hanya membutuhkan bahan purun sebanyak 8 batang.

Halaman
123
Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved