Breaking News:

Minyak Kayu Putih Disebut Ampuh Tangkal Covid-19, Berikut Penjelasan Ilmiah Profesor dari Unsri

Artinya balik lagi ke kemampuan manusianya. Jadi sama halnya mau pakai minyak kayu putih, eucalyptus dan lain-lain itu tergantung manusianya

corona.sumselprov.go.id
Ilustrasi Virus Corona di Sumsel 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Banyak beredar informasi bahwa dengan minyak kayu putih bisa juga digunakan untuk menyembuhkan Covid-19.

Menanggapi hal tersebut Prof Dr dr Yuwono MBiomed menyampaikan penjelasan ilmiahnya.

Ahli mikrobiologi pada Universitas Sriwijaya (Unsri) ini pun menjelaskan untuk mengatasi Covid-19 masih harus menunggu vaksin. Vaksin itu akan efektif kalau manusia yang disuntikkan vaksin itu mengeluarkan anti body yang bisa menteralisir virus.

"Artinya balik lagi ke kemampuan manusianya. Jadi sama halnya mau pakai minyak kayu putih, eucalyptus dan lain-lain itu tergantung manusianya," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (3/9/2020).

Menurutnya, kalau efeknya secara langsung tidak. Tapi kalau efek secara tidak langsung memang ada. Contohnya klorokuin, itu untuk menghambat beberapa sel di dalam tubuh dan akhirnya berperan menonaktifkan virus.

"Sama halnya seperti eucalyptus sebagai terapi yang membuat pikiran jadi rileks. Kalau orang rileks akan meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga sel-sel nya akan lebih efektif menghadapi virus ini," jelasnya.

Menurutnya, kalau itu bisa merangsang manusia jadi lebih kuat maka artinya bermanfaat untuk proses penyembuhan lebih cepat. Kalau efek langsung tidak, tapi efek tidak langsung memang ada.

Prof Yuwono menambahkan, untuk yang positif Covid-19 namun tanpa gejala maka jangan tergantung dengan orang lain. Karena kalau sekarang kan tanpa gejala atau gejala ringan dalam pengawasan Puskesmas, artinyakan puskesmas juga kualahan.

"Untuk itu jangan tergantung pada orang lain. Bertanggung jawab pada diri sendiri dan Allah. Isi dengan informasi yang benar, apapun usaha yang ingin dilakukan silakan saja asal bagus," pesannya.

Ia pun mencontohkan, misal dengan menghirup eucalyptus, makan maknann bergizi, baca Alquran, nayani dan lain-lain. Jadi lakukan lah hal-hal yang nyaman agar imunitas meningkat.

Sedangkan kalau yang positif perlu perawatan dokter maka nggak usa cerewet diserahkan saja pada rumah sakit.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved