Breaking News:

Info Kesehatan : Wanita yang Sudah Menstruasi, Segera Periksa Payudara untuk Deteksi Dini Kanker

Wanita yang Sudah Menstruasi, Segera Periksa Payudara untuk Deteksi Dini Kanker

washingtonian.com
ilustrasi cek payudara 

TRIBUNSUMSEL.COM - Kanker payudara masih menjadi faktor kematian bagi wanita

Ahli mengingatkan bahwa semua wanita perlu rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari) sedini mungkin.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Hematologi Onkologi Medik RS Kanker Dharmais, Dr Ronald Alexander Hukom SpPD KHOM MHSC FINASIM.

"Kanker payudara itu memang paling berisiko dialami wanita. Tetapi paling mudah dideteksi untuk dicegah juga dengan program sadari," kata Ronald dalam diskusi daring bertajuk Memahami Lebih Dalam Subtipe Kanker Payudara Metastasi Tertinggi di Dunia: HR-positif, HER2-negatif, Senin (31/9/2020).

Ronald mengatakan, program sadari sangat perlu dilakukan untuk deteksi dini, guna menghindari dari salah satu penyakit berbahaya dan penyebab kematian paling banyak yaitu kanker payudara.

Kanker payudara adalah penyakit nomor satu yang paling banyak diderita oleh wanita hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Menurut studi Globocan 2018, kanker payudara menempati peringkat kanker tertinggi di Indonesia dengan 58,256 kasus baru pada tahun 2018.

Kanker payudara adalah kanker invasif yang paling umum terjadi pada wanita secara global dengan lebih dari 2 juta wanita terkena setiap tahunnya.

Kanker payudara juga disebutkan menempati posisi kedua penyebab kematian pada manusia karena kanker, setelah kanker paru-paru.

Menurut para ahli kesehatan, diperkirakan terjadi peningkatan sekitar 43 persen dalam kematian terkait kanker payudara secara global dari tahun 2015 hingga tahun 2030 nanti.

Halaman
1234
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved