Breaking News:

Kreasikan Tumpeng Lebih Menarik, Mahasiswa Poltekpar Palembang Juarai Lomba

Mahasiswa dari Program Studi Seni Kuliner (Prodi SKU) Politeknik Pariwisata Palembang, menjuarai Festival Nusantara 2020 di Palembang Indah Mal

Editor: Prawira Maulana
ISTIMEWA
Poltekpar. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -– Mahasiswa dari Program Studi Seni Kuliner (Prodi SKU) Politeknik Pariwisata Palembang, menjuarai Festival Nusantara 2020 di Palembang Indah Mal, Sabtu (22/8/2020). Kegiatan yang diselenggarakan oleh pengelola mal dalam rangka menyemarakkan HUT ke-75 RI itu, diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah di Sumsel.

Dari delapan tim yang ikut kategori perlombaan Tumpeng Décor Challenge itu, tiga tim dari gabungan mahasiswa di beberapa semester, berhasil menduduki tempat pertama. Lalu diikuti juara di Runner Up 1 dan Runner 2.

“Kita mempersiapkan mahasiswa sudah sangat matang, bahkan sebelum ada lomba. Antara lain konsep pemilihan tema, bahan baku. serta kesiapan dari tiap mahasiswa, dibimbing langsung oleh tenaga pengajar serta instruktur dari Prodi SKU,” ungkap Ketua Prodi SKU, Arief Marna Sonjaya, M.Par, Minggu (23/8/2020).

Prodi SKU memang dibentuk dem menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengolahan makanan. Mahasiswa SKU dibekali kememampuan mengembangkan ilmu pariwisata, khususnya cabang pengolahan makanan di sektor jasa boga, restoran, catering, dan hotel.

“Pola berpikir mahasiswa sebagai tenaga ahli atau profesional yang dapat menciptakan, dan mengembangkan usaha akomodasi melalui pengolahan dan penyediaan makanan,” ujar Arief.

Menurutnya, mahasiswa SKU sedari awal berkuliah dilatih untuk memiliki keahlian dalam bidang usaha akomodasi kuliner yang mandiri dan profesional. Selain mengajarkan mahasiswa memiliki inisiatif realistis terkait pengembangan usaha akomodasi, melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan terimplementasi.

Arief kembali menjelaskan, lulusan mahasiswa SKU tak melulu bekerja di dapur sebuah hotel. Lulusan Prodi SKU katanya diharapkan bisa berperan dalam pengembangan produk kuliner melalui berbagai pemikiran inovatif, atau pengemasan yang menarik sehingga bisa meningkatkan kinerja operasional bisnis khususnya di sektor hotel, restoran dan sejenisnya.

“Lulusan Prodi SKU Poltekpar Palembang juga bisa bertindak sebagai Food Analyst dan Food Stylist, Food Advisor yang merancang menu dan unsur operasional pengolahan makanan, atau wirausaha membuka restoran. Bahkan dua alumni SKU sudah ada yang bekerja di Arab Saudi dan Dubai,” terangnya. (rel)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved