DIRGAHAYU RI

Dihadiri 60 Peserta, Upacara HUT ke-75 RI di Rumah Dinas Wali Kota Palembang tanpa Legiun Veteran

Pemerintah pun mengucapkan terima kasih terhadap semua perjuangan para legiun veteran terdahulu.

Editor: Weni Wahyuny
SRIPOKU.COM/RAHMALIYA
Walikota Palembang, H Harnojoyo dan Fitrianti Agustinda, Wakil Walikota Palembang usia mengikuti upacara HUT ke 75 RI di rumah dinas walikota Palembang Jalan Tasik, Senin (17/8/2020) 

Laporan wartawan Sripoku com, Rahmaliyah

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -- Peringatan HUT ke-75 RI tahun ini dilaksanakan Pemerintah Kota Palembang di Halaman Rumah Dinas Wali Kota Palembang tanpa dihadiri para legiun veteran.

Wali Wota Palembang, H Harnojoyo mengatakan, pada pelaksanaan upacara HUT RI tahun ini memang digelar sesuai arahan pemerintah pusat, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Berdasarkan pantauan, jumlah peserta upacara termasuk tamu undangan yang merupakan perwakilan dari Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKD) Pemkot Palembang berkisar 60 orang dan sebelumnya telah melakukan rapid test.

Upacara HUT ke-75 RI di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Berlangsung 15 Menit, Tanpa Amanat Irup

"Tahun ini karena keterbatasan, upacara tidak dihadiri banyak orang termasuk tidak menghadirkan legiun veteran. Namun, bentuk perhatian kepada mereka para pejuang kemerdekaan tetap ada," jelasnya, Senin (17/8/2020)

Ditambahkan Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, di tengah pandemi saat ini menurutnya mereka yang berusia lanjut seperti para legiun veteran riskan terpapar Covid-19.

"Bertemu secara langsung mungkin kita tidak bisa, seperti kita tahu para orang tua rentan tertular. Tetapi, bukan berarti kita tidak mengunjungi bisa saja dilaksanakan secara virtual," jelasnya

Pemerintah pun mengucapkan terima kasih terhadap semua perjuangan para legiun veteran terdahulu.

"Kami hanya bisa mendoakan dan ucapan terima kasih kepada mereka. Apalagi saat ini kita dibatasi banyak hal termasuk dari anggaran. Namun, segala pengorbanan dari para legiun veteran dan rasa semangat untuk mendoakan mereka kami haturkan. Sekaligus berharap, agar pandemi ini bisa kita lalui bersama," tutupnya. (cr26/sp)

Berlangsung 15 menit

Upacara peringatan HUT ke 75 Republik Indonesia digelar Pemerintah Kota Palembang secara khidmat dengan jumlah peserta dan tamu undangan yang terbatas di Rumah Dinas Walikota Palembang, Senin (17/8/2020).

Di tengah pandemi Covid-19, peringatan upacara HUT RI tetap dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Seluruh tamu undangan dan petugas upacara menggunakan masker bertema merah putih bertuliskan 75 Tahun Kemerdekaan RI.

Upacara tepat dimulai pukul 07.30 WIB, di mana petugas pengibar bendera yang diterjunkan hanya tiga orang, mereka merupakan putra-putri terpilih Paskibraka tingkat Kota Palembang yang ditugaskan untuk menaikkan bendera pusaka di halaman rumah dinas Walikota Palembang tahun 2019 lalu.

Tiga orang petugas pengibar bendera yakni Taufik Hidayat asal MAN 2 Palembang, Rio Bagus Pratama dari SMA 3 dan Livya Andini Putri dari SMA Negeri 17 Palembang.

Pada momentum HUT RI ke 75 tahun ini, prosesi perayaan HUT RI hanya berlangsung selama 15 menit, tanpa ada amanat dari Inspektur Upacara, H Harnojoyo.

Meski demikian, Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan ditengah pandemi Covid-19 pelaksanaan upacara harus dilakukan secara protokol kesehatan, dengan jumlah peserta terbatas dan waktu pelaksanaan dipersingkat.

"Tahun ini kita laksanakan tak seperti biasanya karena pandemi ditengah keterbatasan. Di mana 75 tahun dahulu pahlawan memperjuangkan kemerdekan namun saat ini semangat itu tetap harus terjaga, terutama bersatu bersama melawan Covid-19," ujarnya. (Cr26/sp)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved