Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

7 Kabupaten di Sumsel Gelar Pilkada 2020, Baru Heri Amalindo Calon Petahana yang Ajukan Cuti

Karo Pemerintahan dan Otda Provinsi Sumsel, Ahmad Rizali mengatakan bahwa baru satu Balon yang mengajukan diri untuk cuti demi mengikuti Pilkada 2020

Editor: Weni Wahyuny
SRIPOKU.COM/RESHA
Karo Pemerintahan dan Otda Provinsi Sumsel, Ahmad Rizali. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Resha

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA -- Jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 mendatang, sejumlah Calon Petahana diprediksi turut meramaikan pesta demokrasi tersebut di 7 Kabupaten yang menjadi penyelenggara.

Namun, baru 1 Bakal Calon (Balon) Petahana yang mengajukan cuti untuk ikut dalam Pilkada 2020 ini.

Karo Pemerintahan dan Otda Provinsi Sumsel, Ahmad Rizali mengatakan bahwa baru satu Balon yang mengajukan diri untuk cuti demi mengikuti Pilkada 2020 nanti.

Calon tersebut berasal dari Kabupaten Pali, yakni Heri Amalindo.

"Dalam Pilkada 2020 nanti baru 1 orang yang mengajukan cuti, yakni Pak Heri Amalindo dari Kabupaten Pali," ujarnya di sela Launching Pilkada Serentak 2020 di Ogan Ilir, Kamis (23/7/2020).

FAKTA Baru Pembunuh Rio Pambudi, 3 Lokasi Ini jadi Tempat Pelarian Sebelum Ditangkap di Sembawa

Ia mengatakan, memang saat ini belum bisa dipastikan apakah Petahana dari 7 penyelenggara Pilkada Serentak 2020 mendatang bisa ikut atau tidak.

Namun jika Petahana berniat maju, mereka harus mengajukan izin cuti kepada Gubernur, sebagai perwakilan pusat.

"Jadi tanggal 4 sampai 6 September kan pendaftaran dia cuti. Dan di bawah September kami sudah menerbitkan izin cuti, itu paling lambat ya. Kalau tidak ada surat cuti nggak bisa, nggak boleh kampanye," ungkapnya.

Apalagi, surat izin cuti merupakan syarat bagi Calon Petahana untuk melakukan kampanye saat ditetapkan menjadi Calon Kepala Daerah. Jika itu tidak ada, maka mereka tidak akan bisa berkampanye.

Hal itu ditegaskan pula oleh Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati. Ia mengatakan, surat cuti menjadi syarat mereka untuk melakukan kampanye ketika mereka bertarung di Pilkada 2020 ini.

"Kampanye dimulai 26 September 2020, setelah ditetapkan sebagai calon pada 23 September. Petahana akan cuti mulai 26 September sampai H-3 pencoblosan. Karena H-3 itu kan sudah masuk masa tenang, jadi Petahan sudah bertugas kembali," jelasnya.

Terpisah, Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam juga diperkirakan akan meramaikan Pilkada 2020 di Bumi Caram Seguguk. Ia mengaku, saat ini masih mengurus surat cuti tersebut.

"Sudah, lagi diurus kalau itu," jelasnya. (mg5/sp)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved