Terlibat Korupsi dan Kapok Jadi Politikus, Angelina Sondakh Mau Jadi Petani Saat Bebas dari Penjara

Terlibat Korupsi dan Kapok Jadi Politikus, Angelina Sondakh Mau Jadi Petani Saat Bebas dari Penjara

Editor: Siemen Martin
Harian Warta Kota/henry lopulalan
Angelina Sondakh 

TRIBUNSUMSEL.COM - Jadi petani, itulah yang diinginkan oleh terpidana korupsi Angelina Sondakh

Keceriaan tampak dari wajah mantan politisi Partai Demokrat, Angelina Sondakh. Mengenakan baju warna merah muda, Angie -panggilan akrabnya- sedang asyik berkebun saat ditemui khusus oleh Tribun Network, Jumat (17/72020) pagi, di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) khusus wanita di Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Angie yang selalu ceria. " Meski menjadi warga binaan, banyak hal-hal positif yang bisa dikerjakan disini," ujarnya semringah.

Tribun Network mendapat kesempatan khusus untuk bisa melihat langsung aktivitas warga binaan di LP khusus wanita, Pondok Bambu. Kalapas, Herlin Candrawati. Angie bersama warga binaan yang lain, terlihat asik merawat tanaman anggrek, ruang bacaan untuk warga binaan, dan ternak lele.

Sejenak Angelina Sondakh menghapus keringat di wajahnya yang terlihat sudah mulai bercucuran. Kebetulan saat bisa bertemu dengan Angelina Sondakh, sebagian warga binaan yang lain, juga beraktivitas sama. Lapas Pondok Bambu memberikan keterampilan seluas-luasnya bagi para warga binaan.

Menjahit, menyulam, melukis di atas kain sampai beternak ikan Lele dan bercocok tanam."Kami memberikan hal-hal positif kepada warga binaan di Lapas Pondok Bambu ini," Kalapas Herlin Candrawati menjelaskan.

Angelina Sondakh, satu diantara warga binaan Lapas Pondok Bambu Kelas II A.Beberapa pesohor juga menguni lapas ini bersama dengan narapidana perempuan lainnya.

Di dalamnya bercampur narapidana berbagai jenis kasus mulai narkoba, korupsi, pembunuhan, pencurian dan lainnya.Selama berada di lapas, mereka diberi pembinaan kepribadian dan kemandirian oleh pihak lapas.

Angelina Sondakh, adalah mantan anggota DPR RI Fraksi Demokrat. Hingga kini Angelina yang juga Putri Indonesia 2001 itu masih menjalani masa hukuman atas kasus korupsi Wisma Atlet Palembang. Angie mendekam di penjara sejak tahun 2012 silam dan dijatuhi vonis 10 tahun penjara.

Angie tertawa lepas sambil mengumbar senyum saat ditanya apa pesan untuk para wakil rakyat, yang dulu menjadi profesinya. "Baik-baik saja," ujarnya dari balik masker yang menutup sebagian wajahnya.

Protokol Covid -19 tetap ditetapkan di dalam Lapas Pondok Bambu. Seluruh warga binaan diwajibkan memakai masker saat beraktivitas, termasuk Angelina Sondakh.

"Karena program kemandirian di dalam Lapas harus bekerja, jadi saya bekerjanya dengan berkebun, kena matahari dan berkeringat," kata wanita yang kesehariannya selalu mengenakan hijab.

Membaca buku, diakuinya menjadi rutinitas dalam kesehariannya sebagai warga binaan. "Dengan membaca buku, saya bisa melihat dunia," katanya lagi.

Ia mengaku, tahun 2022 akan bebas dari hukuman yang sudah ia jalankan hingga saat ini.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved