Breaking News:

Berita Ekonomi

Pentingnya SDM dan Teknologi untuk Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi

Dari sektor ekonomi, Covid-19 juga mempengaruhi kinerja ekonomi sehingga melambat.

Penulis: Hartati | Editor: Weni Wahyuny
TRIBUNSUMSEL.COM/HARTATI
International Webinar Series Covid-19 Pandemi, New Normal, and its impact on Regional Economy yang digelar Fakultas Ekonomi UNSRI, seminar ini merupakan salah satu langkah dalam internasionalisasi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya untuk mendukung menjadi World Class University 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini membuat sejumlah sektor terdampak mulai dari sektor kesehatan, ekonomi, sosial hingga keuangan terguncang.

Dr Benedict Valentine Arulanandam, Ph.D dari Sunway College, Malaysia mengatakan, dampak Covid 19 bagi sektor kesehatan mengakibatkan krisis di bidang kesehatan karena belum adanya vaksin, obat, terbatasnya peralatan dan tenaga kesehatan.

Sementara itu di bidang sektor sosial, terjadi penurunan tajam pada aktivitas ekonomi mendorong pengangguran di banyak sektor termasuk sektor informal.

Akibatnya daya beli masyarakat turun dan sejumlah perusahaan memilih merumahkan hingga PHK tenaga kerja.

Dari sektor ekonomi, Covid-19 juga mempengaruhi kinerja ekonomi sehingga melambat.

Tingkat konsumsi terganggu, investasi dan impor terhambat.

Pertumbuhan ekonomi melambat bahkan beberapa negara jatuh bebas.

"Dari sisi keuangan, terjadi penurunan kinerja sektor keuangan pada sektor riil, seperti peningkatan NPL dan profitabilitas sektor keuangan yang dalam tekanan," ujarnya saat memaparkan materi dalam International Webinar Series Covid-19 Pandemic, New Normal, and its impact on Regional Economy yang digelar Fakultas Ekonomi UNSRI.

Sementara itu Adriyanto, MM, MA, Ph.D Direktur Dana Transfer Umum, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, mengatakan saat new normal ini, tidak bisa kembali hidup seperti dulu sebelum Pandemi datang.

Ada beragam tantangan yang harus dihadapi bagi peningkatan produktivitas sumber daya manusia untuk peningkatan kegiatan ekonomi regional di Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved