Berita Sumsel

Persiapan Sumsel Cegah Karhutla 2020, Siagakan 1.000 Personel dan Peralatan dari Ringan hingga Berat

GM Fire Management Sujica Lusaka mengatakan, APP Sinar Mas bersama seluruh mitra pemasok mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada baik di darat, ai

TRIBUNSUMSEL.COM/LINDA TRISNAWATI
Berbagai peralatan yang telah disiapkan APP Sinar Mas ditampilkan saat Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutla 2020 di Kebun Raya Sriwijaya, Selasa (30/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Jelang puncak musim kemarau, berbagai persiapan dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) termasuk pihak-pihak terkait lainnya seperti Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama mitra pemasoknya.

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama mitra pemasoknya seperti PT Sebangun Bumi Andalas (SBA), PT Bumi Andalas Permai (BAP), dan PT Bumi Mekar Hijau (BMH) menegaskan kesiapsiagaan mendukung upaya Pemerintah Provinsi Sumsel mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau 2020. 

GM Fire Management Sujica Lusaka mengatakan, APP Sinar Mas bersama seluruh mitra pemasok mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada baik di darat, air, dan udara untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah karhutla di tengah pandemi Covid-19

"Kami yakin dengan persiapan matang dan kolaborasi kuat antara sektor swasta, pemerintah, dan masyarakat, kita mampu menjaga hutan Indonesia dari bencana karhutla di musim kemarau 2020," katanya usai Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutla 2020 di Kebun Raya Sriwijaya, Selasa (30/6/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, meskipun begitu dalam bertugas tetap dengan mematuhi protokol kesehatan agar tetap menekan risiko penularan Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo, APP Sinar Mas bersama mitra pemasoknya mengedepankan metode monitoring yang ekstensif serta ditunjang dengan program pencegahan karhutla.

Keduanya merupakan bagian dari sistem penanggulangan kebakaran hutan secara terintegrasi (Integrated Fire Management/ IFM), meliputi empat strategi utama yaitu pencegahan, persiapan, deteksi dini, dan respon cepat. 

Sementara itu Head Fire Operation Management APP Sinar Mas Region Palembang Mares Prabadi menambahkan, agar tetap efektif mencegah karhutla di tengah pandemi, maka diperkuat dengan sistem penanggulangan kebakaran hutan terintegrasi dengan tetap memperhatikan  prosedur pencegahan Covid-19 

Persiapannya seperti, patroli rutin oleh tim kecil, penggunaan menara pantau api, CCTV, kamera termal, dan drone untuk deteksi dini, pengecekan kesehatan rutin serta latihan fisik tambahan untuk personel Tim Reaksi Cepat. 

Halaman
123
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved