Oknum LSM Anti-korupsi Ditangkap Karena Peras Kades Rp 5 Juta

Oknum anggota sebuah LSM anti-korupsi di Kabupaten Probolinggo, berinisial AW ditangkap polisi saat memeras Kades Karanggeger, Kecamatan Pajarakan

Kompas.com/Totok Wijayanto
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM - Oknum anggota sebuah LSM anti-korupsi di Kabupaten Probolinggo, berinisial AW ditangkap polisi saat memeras Kades Karanggeger, Kecamatan Pajarakan, berinisial BS. AW memeras kades sebesar Rp 5 juta.

Pada saat ditangkap, polisi menemukan barang bukti uang Rp 3 juta.

Kapolres AKBP Ferdy Irawan membenarkan kejadian penangkapan AW oleh polisi tersebut di rumah kades, pada Senin (29/6/2020).

Ferdy menuturkan, AW memeras kades BS dengan ancaman jika dirinya tidak diberi uang, maka kasus penyalahgunaan dana desa BS akan dilaporkan ke polisi.

"AW memeras dan meminta uang Rp 5 juta. Karena ada kejadian seperti itu, kami langsung melakukan tindakan hukum dan tertangkap tanganlah yang bersangkutan.

Saat kita tangkap, ada barang bukti uang pemerasan Rp 3 juta. AW kami tahan di Mapolres Probolinggo," kata Ferdy, kepada Kompas.com, saat ditemui di Mapolres Probolinggo, Selasa (30/6/2020).

Polisi masih melakukan pengembangan dari kasus itu, apakah AW beraksi sendiri atau bersama rekannya.

"Sementara ini dia masih sendiri. Tapi, kami akan kembangkan. Kami masih telusuri apakah ada lagi kepala desa lain atau aparat desa lain yang mungkin pernah ditakut-takuti, dan diperas oleh oknum LSM anti-korupsi ini," tambah Ferdy.

Ferdy meminta kepada masyarakat, kepala desa atau kepala OPD Pemkab Probolinggo, jika ditakut-takuti atau diperas agar melapor ke polisi.

"Jika diperas atau ditakut-takuti, dan kalian tidak salah, maka jangan ragu lapor ke polisi," ujar Ferdy.

AW yang mengenakan kaos hijau di ruang penyidik, tidak memberikan pernyataan kepada media. Saat diambil gambar oleh awak media, AW mengacungkan dua jempol.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peras Kades Rp 5 Juta, Polisi Tangkap Oknum LSM Anti-korupsi

Editor: Siemen Martin
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved