Hari Ini Ratusan Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumut Salat Idul Fitri

Hari Ini Ratusan Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumut Salat Idul Fitri

Kompas.com
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara hari ini merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah 

TRIBUNSUMSELCOM - Pemerintah baru akan melakukan Sidang Isbat pada Jumat petang ini.

Namun di beberapa penjuru daerah, umat muslim sudah ada yang melaksanakan Salat Idul Fitri atau berlebaran duluan

Pada Jumat (22/5/2020) pagi, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara hari ini merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah.

Jemaah memusatkan digelarnya Salat Id di Bandar Tinggi, Simalungun.

"Ya tadi kita sudah melaksanakan salat Idul Fitri," kata Khairil Anwar (41), salah seorang jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah asal Mariendal, Medan dalam rekaman suara wawancara yang diterima pada Jumat siang.

Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriyah jatuh pada hari ini sesuai hitungan kalender hisab qamariyah.

Tarekat ini juga menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1441 Hijrah jatuh pada Rabu 22 April 2020, dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah.

Shalat Id digelar berjemaah Salat Idul Fitri yang digelar jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah tahun ini di majelis-majelis dan setidaknya di dua pesantren tarekat ini.

Selain di Pondok Pesantren Yayasan Dr Syekh Salman Daim di Bandar Tinggi, Simalungun, Salat Id juga dilaksanakan jemaah di pesantren di Kandis, Riau.

"Saya kurang tahu pasti untuk yang di Cigombong, Bogor. Tapi kalau di Kandis juga sudah melaksanakan salat Id. Kalau di Mariendal kemarin kita sudah tanya ke Polsek setempat, tapi belum mendapat izin," jelas Khairil.

Pandemi Covid-19 menjadi perhatian dalam Salat Id kali ini. Jemaah bersama-sama berdoa agar wabah ini segera dapat diatasi.

Salat Id diikuti ratusan jemaah dari berbagai penjuru Sumut. Salat Id dilanjutkan dengan ziarah ke makam Tuan GuruSyekh Salman Daim.

"Selanjutnya kita bersilaturahmi dengan keluarga Tuan Guru dan jemaah lainnya," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Sumut Sudah Shalat Idul Fitri 

Editor: Siemen Martin
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved