Liga 1 Indonesia

FIFPro Anggap PSSI Abaikan Kesejahteraan Pemain Usai Gaji Dipotong Hingga 75 Persen

FIFPro Anggap PSSI Abaikan Kesejahteraan Pemain Usai Gaji Dipotong Hingga 75 Persen

instagram @psm_makassar
Skuad PSM Makassar kala bertanding di ajang Liga 1 Indonesia 

TRIBUNSUMSEL.COM - Organisasi Pesepak Bola Profesional Dunia (FIFPro) menganggap para pemain di Liga 1 Indonesia sedang menghadapi kesulitan serius dengan beberapa harus bertahan hidup menggunakan sebagian kecil dari gaji minimum.

 
Menanggapi hal tersebut, FIFPRO menyatakan terkejut dengan keputusan yang diambil Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Menurut FIFPro, sudah ada pesan yang jelas dari FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) bagi PSSI untuk bekerja sama dengan klub dan pemain untuk menghadapi tantangan yang diciptakan oleh pandemi COVID-19.

PSSI dianggap gagal menjawab panggilan dari asosiasi pemain lokal (APPI) dan FIFPro untuk membahas bagaimana cara terbaik mengatasi krisis.

Sebaliknya, dua minggu setelah menangguhkan dua liga teratas pada 15 Maret, PSSI mengeluarkan resolusi yang memungkinkan klub mengurangi gaji pemain hingga 75 persen sejak awal Maret.

PSSI mengambil keputusan ini setelah berdiskusi dengan liga dan klub, tetapi tanpa memberi tahu APPI selaku organisasi pemain sepak bola di Indonesia.

PSSI juga tidak mengundang APPI untuk bernegosiasi terkait upah para pemain.

"Selama krisis ini, kami telah melihat bahwa dalam banyak asosiasi sepak bola, tata kelola sepak bola tidak cocok untuk untuk sebuah tujuan."

"Mereka sepenuhnya mengabaikan pemain sambil mengeluarkan resolusi yang memengaruhi hak-hak dasar buruh," ucap Direktur Hukum FIFPro, Roy Vermeer, seperti dikutip Bolasport.com dari situs resmi FIFPro, Kamis (21/5/2020).

Selain itu Vermeer juga menganggap bahwa PSSI sudah melakukan intervensi dalam hubungan kerja antara pemain dan klub.

Halaman
12
Editor: Slamet Teguh
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved