Hingga Sebut sang Direktur Jenderal 'Boneka China', Donald Trump Kembali Ancam WHO Terkait Covid-19

Trump mengklaim bahwa WHO secara konsisten mengabaikan laporan yang dapat dipercaya tentang penyebaran virus di Wuhan, dan secara aneh bersikeras untu

MANDEL NGAN / AFP
Presiden AS Donald Trump berbicara saat pengarahan harian tentang virus corona di Brady Briefing Room di Gedung Putih Washington, DC. pada 23 April 2020 

TRIBUNSUMSEL.COM - Kembali memberikan ancaman kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait masalah pandemi virus corona (covid-19), Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Lantaran organisasi tersebut telah salah dalam penanganan wabah Covid-19, Donald Trump mengancam akan menarik AS keluar dari WHO.

Bahkan Trump juga menyebut sang Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus sebagai 'boneka China', dilansir dari The Sun. 

Trump mengancam akan berhenti mengirim uang tunai kepada WHO secara permanen, hal tersebut tersampaikan dalam surat kepada Tedros Adhanom Ghebreyesus yang kemudian dia posting di Twitter.

Donald Trump memberikan cuitan bernada ancaman kepada WHO.
Donald Trump memberikan cuitan bernada ancaman kepada WHO. (Twitter Donald Trump)

Trump kemudian menyimpulkan surat empat halaman yang ditujukan untuk Ghebreyesus merupakan ultimatum tentang apakah WHO akan menerima dana Amerika atau tidak di masa depan.

Trump menulis: "Jelas salah langkah berulang oleh Anda dan organisasi Anda dalam menanggapi pandemi telah sangat mahal bagi dunia.

"Satu-satunya jalan ke depan untuk WHO adalah jika benar-benar dapat menunjukkan 'kemerdekaan' dari China."

 

"Pemerintahan saya sudah memulai diskusi dengan Anda tentang bagaimana mereformasi organisasi."

"Tetapi tindakan diperlukan dengan cepat. Kami tidak punya waktu untuk disia-siakan."

Trump menambahkan: "Jika WHO tidak berkomitmen untuk perbaikan substantif besar dalam 30 hari ke depan, saya akan membuat pembekuan sementara saya atas dana Amerika Serikat untuk WHO permanen dan mempertimbangkan kembali keanggotaan kami dalam organisasi."

Halaman
123
Editor: Kharisma Tri Saputra
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved