Breaking News:

Ramadan 2020

Besaran Zakat Fitrah di Muratara Rp25 Ribu per Orang, Lebih Afdal Bayar Pakai Beras 2,5 Kg

Penentuan besaran zakat fitrah tersebut kata dia sudah ditetapkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)

Penulis: Rahmat Aizullah | Editor: Wawan Perdana
Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Foto Ilustrasi : Posko pembayaran zakat fitrah di Masjid Agung Lubuklinggau. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA-Besaran zakat fitrah pada Ramadan 1441 Hijriah atau tahun 2020 di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) ditetapkan sebesar Rp25 ribu per orang.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Muratara, Ikhsan Baijuri kepada Tribunsumsel.com, Minggu (10/5/2020).

"Besaran zakat fitrah yang harus dibayar warga Muratara jika dalam jumlah uang tunai adalah sebesar 25 ribu rupiah," kata Ikhsan Baijuri.

Penentuan besaran zakat fitrah tersebut kata dia sudah ditetapkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut Ikhsan, zakat fitrah yang wajib dikeluarkan tersebut sebenarnya menggunakan bahan makanan pokok yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

"Lebih afdal itu adalah beras 2,5 kilogram per orang. Tapi masyarakat kita saat ini kebanyakan ingin membayar zakat fitrah dengan uang, itu juga boleh," katanya.

Ikhsan mengatakan, jika masyarakat ingin mengeluarkan zakat fitrah menggunakan beras, maka bayarlah dengan beras yang biasa dikonsumsi.

"Beras apa yang kita makan itulah yang kita zakatkan, jangan sampai yang kita makan beras kualitas tinggi, tapi zakatnya beras kualitas rendah," ujarnya.

Lebih baik lagi kata Ikhsan, membayar zakat melebihi dari yang biasa dikonsumsi dan tentunya ada sedekah tambahan dari zakat tersebut.

"Kewajiban kita terpenuhi, kemudian ada sedekah tambahan di situ. Nah itu lebih baik lagi, berbagi kepada sesama bisa mendapat pahala berlipat ganda di bulan suci ini," tuturnya.

Ikhsan mengimbau, pembayaran zakat fitrah bisa dilakukan lebih awal untuk menghindari keramaian.

Hal itu dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 yang tengah mewabah di Indonesia saat ini.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved