Telur Tetas (HE) Dilarang Diperjualbelikan, Disebut Memang Lebih Murah, Bolehkah Dikonsumsi?

Bahkan jika melanggar ada sangsinya juga seperti peringatan secara tertulis, tidak diberikan rekomendasi pemasukan selama satu tahun, hingga pencabuta

Mother Nature Network
ilustrasi telur 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian nomor 32 tahun 2017 pasal 14 ayat 4 yang menyebutkan bahwa pelaku usaha integrasi, pembibit GPS, pembibit PS, pelaku usaha mandiri dan koperasi dilarang memperjualbelikan telur tertunas dan infertil sebagai telur konsumsi.

Menurut Ketua Asosiasi Masyarakat Perunggasan (Ampera) Sumsel Ismaidi, meskipun sudah dilarang tapi masih ada saja pedagang yang menjual telur tetas atau tertunas (infertil) atau HE (hatched egg) ini.

"Terkadang motif bisnis mengalahkan segalanya. Biasanya yang masih jual seperti itu pedagang lepas, karena kalau peternak yang merangkap pedagang tidak mungkin menjual telur tetas," katanya, Jumat (8/5/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa padahal sudah ada pasal yang mengatur tentang ini.

Bahkan jika melanggar ada sangsinya juga seperti peringatan secara tertulis, tidak diberikan rekomendasi pemasukan selama satu tahun, hingga pencabutan izin usaha.

Menurutnya, mungkin sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui apa itu telur tetas dan telur konsumsi?

Bahkan ada caranya loh untuk melihat telur yang layak untuk dikonsumsi.

"Telur konsumsi adalah telur yang diproduksi untuk dijual sebagai telur yang layak dan dapat dikonsumsi. Telur yang untuk dikonsumsi ini seperti telur ayam petelur (layer), telur ayam kampung, telur bebek dan telur puyuh," kata Ismaidi.

Sedang telur tetas adalah telur fertil yang dapat ditetaskan karena mempunyai embrio, yang biasa dijadikan untuk bibit ayam atau yang disebut juga DOC (Day Old Chick). Contohnya telur ayam HE (Hatching Egg) atau telur fertil.

Halaman
12
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved