Cara Buka Rekening BNI dari Rumah Bagi Calon Penerima Kartu Pra-Kerja

Dia menerangkan, pembayaran insentif kepada penerima Kartu Pra-Kerja akan dilakukan setelah peserta menyelesaikan proses pelatihan atau kursus.

(dokumentasi BNI Wilayah Palembang)
Karyawan BNI saat menunjukkan aplikasi mobile banking BNI. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG --  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah menyiapkan sistem yang terintegrasi dengan Project Management Office (PMO) Program Kartu Pra-Kerja.

Pemimpin BNI Wilayah Palembang Dodi Widjajanto mengatakan, sistem yang disiapkan itu nanti akan memungkinkan calon penerima Kartu Pra-Kerja membuka rekening BNI dari rumah.

"BNI sudah punya sistem yang namanya e-form (formulir elektronik) pada laman prakerja.go.id sehingga membuka rekening bisa dari mana saja, termasuk dari rumah, ” kata Dodi, Sabtu (2/5/2020).

Mekanisme pendaftarannya pun relatif mudah yakni cukup mengisi e-form, lalu akan mendapat notifikasi yang menyatakan rekening sudah dibuka.

Dengan mengklik logo BNI di laman tersebut, peserta akan diarahkan di landing page BNI https://www.bni.co.id/id-id/beranda/promoacara/promoperbankan/articleid/6758.

Dodi menambahkan, rekening BNI yang dibuat penerima Kartu Pra-Kerja juga tidak memerlukan saldo awal dan tidak dikenai biaya administrasi selama satu tahun.

BNI menyiapkan pula gimik-gimik menarik dalam pembukaan rekening tersebut.

“Rekening BNI ini juga tetap dapat digunakan sebagai tabungan dan alat transaksi setelah program Kartu Pra-Kerja nantinya selesai,” ujarnya.

Dia menerangkan, pembayaran insentif kepada penerima Kartu Pra-Kerja akan dilakukan setelah peserta menyelesaikan proses pelatihan atau kursus.

Selain itu, pihaknya sudah bekerja sama dengan sejumlah balai latihan kerja (BLK) yang terdaftar dalam marketplace mitra PMO Kartu Pra-Kerja.

"Ini membuat proses pelatihan menjadi lebih mudah dan lancar," terang Dodi.

Sebelumnya, BNI ditunjuk sebagai Official Digital Banking Partner pada penyaluran insentif Kartu Pra-Kerja, baik insentif pelatihan, insentif survei, maupun penyediaan sistem cash management yang terintegrasi dengan PMO Kartu Pra-Kerja agar dana insentif tersebut tersalurkan secara akurat, efektif, dan efisien. Peran BNI antara lain menjadi bank yang membukakan rekening bagi peserta Kartu Pra-Kerja.

Program Kartu Pra-Kerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Setiap peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif senilai total Rp3,55 juta dengan rincian bantuan pelatihan online Rp1 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp50 ribu per survei sebanyak tiga kali. Seluruh insentif akan ditransfer langsung ke rekening peserta Kartu Prakerja yang didaftarkan sebelumnya.

Kartu Pra-Kerja diharapkan berguna bagi pekerja yang dirumahkan selama masa pandemi corona atau COVID-19.

"Sebagai satu-satunnya bank yang diberi amanah sebagai mitra payment Kartu pra-kerja, BNI siap menyalurkan Dana kartu pra-kerja kepada penerimanya segera setelah diperintahkan oleh pemerintah jelas Dodi. (mg3/sripoku.com)

Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved