Kucuran Dana Pusat Dibatasi, Kabupaten PALI Pinjam Uang Rp99 Miliar ke Bank Sumsel Babel

Pinjaman itu untuk memastikan semua program pro rakyat untuk menggerakkan roda perekonomian di PALI berjalan sesuai yang diagendakan

Tribun Sumsel/ Hartati
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI mengajukan kredit Rp 99 miliar kepada Bank Sumsel Babel (BSB) untuk memastikan bahwa semua program pro rakyat untuk menggerakkan roda perekonomian berjalan sesuai yang diagendakan, Rabu (29/4/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI mengajukan pinjaman Rp 99 miliar ke Bank Sumsel Babel (BSB).

Pinjaman itu untuk memastikan semua program pro rakyat untuk menggerakkan roda perekonomian di PALI berjalan sesuai yang diagendakan.

Bupati PALI Heri Amalindo mengatakan, selama ini pemerintah kabupaten atau kota kesulitan keuangan karena selama ini 80 persen keuangan berharap dari dana pemerintah.

Padahal pemerintah juga membatasi kucuran dana sebab akan memotong Dana Alokasi Khusus (DAU) dan Dana Alokasi Umum (DAU) 50 persen dengan alasan PMK.

"Padahal DAU dan DAK itu sudah ada rinciannya untuk pembayaran gaji ASN dan lainnya jadi kalau dipotong maka angaran semakin sulit," ujar Heri, Rabu (29/4/2020).

Untuk mengatasi masalah keuangan itulah PALi mengajukan kredit ke BSB.

Heri Amalindo ingin tetap laju perekonomian di PALI berjalan lancar.

Sebab tahun 2019 lalu laju pertumbuhan ekonomi PALI menjadi peringkat kedua pertumbuhan terbesar di Sumsel yakni 6,6 persen.

Dia mengatakan dengan kucuran dana yang ada maka bisa memberikan bantuan pada sektor UMKM yang bisa menciptakan lapangan perekonomian juga menggerakan roda perekonomian dan menyerap sumber daya alam.

Sementara itu Direktur Umum BSB Syamiluddin mengatakan, pinjaman untuk pemerintah daerah ini bisa dilakukan karena Pemkab memiliki saham di bank daerah tersebut dengan ketentuan maksimum flafon Rp 99 miliar.

Prosesnya juga mudah dan pengembaliannya udah terencana dalam tahun anggaran berjalan atau maksimum 31 Desember tahun ini.

Syamiluddin mengatakan bank juga memiliki tujuan meningkatkan fungsi dan perannya pada masyarakat dengan hadir di tengah masyarakat menghimpun dana masyarakat untuk kemudian dikelola dan kembali untuk masyarakat.
Selain itu bank juga membantu pemerintah membangun daerahnya.

"Pali sudah tiga kali mengajukan kredit ini dan semua Lunas dibayar tepat waktu, selain Pali pemkab lainnya juga yang pernah mengajukan pinjaman yakni Banyuasin dan Lubuk Linggau," ujarnya.

Penulis: Hartati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved