Berita Lahat

Petani di Lahat Mulai Dikenalkan dengan Alat Pemotong Padi Modern, Lebih Ringkas

Penggunaan mesin combain ini untuk pertama kalinya, diperuntukkan panen raya dengan hantaran sawah petani seluas 80 hektar (Ha)

Sripo/ Ehdi Amin
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat, melalui Dinas Pertanian mulai memperkenalkan mesin combaine pemotong padi modern kepada para petani Desa Pagarjati, Kecamatan Kikim Selatan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat, melalui Dinas Pertanian mulai memperkenalkan mesin combaine pemotong padi modern kepada para petani Desa Pagarjati, Kecamatan Kikim Selatan.

“Alhamdulillah, apabila selama ini petani menggunakan cara lama yakni ngetam padi menggunakan celurit, kini dengan mesin combain hanya memakan waktu 4 jam saja,” terang Kadis Pertanian Lahat, Ir Otong Heriadi, Selasa (28/4/2020).

Otong menambahkan, penggunaan mesin combain ini untuk pertama kalinya, diperuntukkan panen raya dengan hantaran sawah petani seluas 80 hektar (Ha).

“Bukan hanya di Kikim Selatan saja, pastinya di kecamatan lainnya akan kita perkenalkan, sehingga mempermudah petani ketika panen padi,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, adanya perkembangan teknologi di sektor pertanian, akan membantu petani ketika menanam hingga panen.

“Selama ini banyak mesin-mesin pertanian sudah disalurkan ke petani, tapi untuk pemotong padi pertama kali dilaksanakan, kita optimis semuanya berjalan lancar,” beber Otong.

Senada, Camat Kikim Selatan, Pukatul Hadi SP Msi menuturkan, dengan kehadiran mesin combain ini, petani tidak perlu lagi menunggu hingga seharian selesai memotong padi.

“Cukup 4 jam saja, areal sawah 80 Ha telah selesai dipanen dan membantu petani. Kiranya di dalam Kecamatan Kikim Selatan akan menerapkan hal serupa,”katanya. (SP/ Ehdi Amin)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved