Berita BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Hadir di Media Sosial Melalui CHIKA, Beri Informasi dan Layani Pengaduan Peserta 

CHIKA merupakan sarana pelayanan informasi dan pengaduan peserta JKN-KIS yang dapat diakses melalui media Facebook, telegram atau whatsapp

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan telah mengeluarkan fitur terbaru yang dapat digunakan di media sosial, yaitu CHIKA atau kepanjangan dari Chat Asistant JKN. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi untuk mempermudah peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjangkau layanannya di tengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Infeksi virus ini telah menyebar ke hampir semua negara di dunia ini sehingga masyarakat diimbau untuk melakukan aktivitas di rumah aja.

Membantu kalian di rumah aja, BPJS Kesehatan telah mengeluarkan fitur terbaru yang dapat digunakan di media sosial, yaitu CHIKA atau kepanjangan dari Chat Asistant JKN.

CHIKA merupakan sarana  pelayanan informasi dan pengaduan peserta JKN-KIS yang dapat diakses melalui media Facebook, telegram atau whatsapp.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih Yunita Ibnu menjelaskan CHIKA merupakan layanan dalam bentuk chatbot, atau layanan informasi yang secara otomatis direspon oleh sistem.

Melalui CHIKA ini, peserta JKN–KIS dapat mengakses pelayanan untuk cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan terdekat.

"Untuk mengakses CHIKA ini ada tiga pilihan cara, yang pertama dengan Facebook Messenger, akun BPJS Kesehatan RI, lewat telegram BPJSKes_bot, atau melalui Whatsapp ke nomor 08118750400."

"Nantinya sistem yang langsung akan merespon apa yang menjadi kebutuhan dari peserta,” jelasnya pada
tim jamkesnews (31/3/2020).

Yunita berharap, dengan bertambahnya kanal–kanal pelayanan peserta yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan ini, peserta JKN–KIS  dapat melakukan pelayanan secara mandiri tanpa harus ke Kantor BPJS Kesehatan.

"Untuk layanan–layanan yang bisa diakses secara mandiri, bisa memanfaatkan kanal pelayaan seperti CHIKA, Mobile JKN, ataupun care center 1500400 ini, jadi tidak perlu ke Kantor BPJS Kesehatan, terlebih dengan kondisi saat ini (merebaknya virus Covid – 19 ) kita diharuskan untuk melakukan social distancing dan tetap berada di rumah,” imbuhnya.

Ulil Amri (25) merupakan salah satu dari jutaan peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat dari layanan CHIKA yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan, mengatakan bahwa fitur CHIKA ini sangat membantu masyarakat dalam mengakses layanan Program JKN-KIS. (rel)

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved