Ternyata Asap Rokok Bisa Jadi Media Penularan Virus Corona, Hati hati Perokok Rentan Terinfeksi

Dalam segmen tanya jawab Covid-19 program Sapa Indonesia (13/04), kali ini menghadirkan dokter Adib Khumaidi, Wakil Ketua Umum IDI untuk menjawab pert

TRIBUNSUMSEL.COM -- Dalam segmen tanya jawab Covid-19 program Sapa Indonesia (13/04), kali ini menghadirkan dokter Adib Khumaidi, Wakil Ketua Umum IDI untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan anda seputar virus corona.

Salah satu pertanyaan datang dari Herman dari Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, mengenai perokok yang positif corona, apakah dapat menular melalui asap rokok?

Dokter Adib Khumaidi menyebutkan jika seorang perokok akan cenderung berisiko terkena virus dan bagi perokok yang positif corona akan bisa menjadi sumber penularan virus melalui asap rokok.

"Pada saat dia kemudian merokok, kemudian di dalam satu ruangan, selama dia tidak droplet sih tidak masalah.

Tapi ketika dalam satu ruangan tertutup sehingga asapnya bisa kemana-mana, itu bisa juga jadi sumber penularan juga ke yang lain," ucapnya.

Gejala Baru Virus Corona

Sebelumnya batuk, demam, napas pendek merupakan tiga gejala virus corona yang sering disebut oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, jumlah kasus yang terus meningkat di dunia menyebabkan kemunculan berbagai gejala yang jauh lebih luas.

Deskripsi lebih rinci dari gejala virus corona menunjukkan bagaiamana dokter dan peneliti masih mempelajari tentang virus itu.

Covid-19 dapat dimulai dengan cara yang sama di antara pasien tanpa memandang usia atau status kesehatan seseorang.

Halaman
123
Editor: Moch Krisna
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved