Berita Muaraenim

Masyarakat Miskin Muaraenim Bakal Dapat Tambahan Dana

Masyarakat Miskin Muaraenim Bakal Dapat Tambahan Dana Dari Jaring Pengaman Sosial

Tribun Sumsel/ Ika Anggraeni
Plt Bupati Muaraenim Juarsah 

TRIBUNSUMSEL.COM,MUARAENIM - Pemkab Muaraenim dalam waktu dekat akan menambah atau top up dana bantuan jaring pengaman sosial untuk masyarakat miskin sebesar Rp 600 ribu perbulan.

Plt Bupati Muaraenim, H Juarsah SH mengatakan, saat ini ada 66.567 Rumah Tangga yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial dengan tingkat kesejahteraan hingga 40 persen.

"Untuk jiwa ada sekitar 254.164 jiwa, dan dari jumlah tersebut sebanyak 51.457 rumah tangga yang sudah mendapatkan bantuan jaring pengaman sosial," katanya.

Dari jumlah tersebut lanjutnya sebanyak 20.150 rumah tangga mendapat bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH).

"Sebanyak 14.982 rumah tangga mendapat bantuan jaring pengaman sosial berupa sembako, dan ditambah 16.815 yang mendapat bantuan perluasan sembako," katanya.

Dari jumlah keseluruhan, tercatat sebanyak 14.620 rumah tangga belum mendapat bantuan sama sekali.

"Ini akan segera kita berikan bantuan juga, dan ini sedang kami siapkan, hari ini kami berencana dari sekian banyak yang sudah mendapatkan bantuan, itukan nilainya beda-beda,

untuk PKH itu dapat bantuan hanya Rp 200 ribu dan ada yang dapat bantuan sembako saja Rp 200 ribu, namun ada juga yang dapat PKH dan juga Sembako sebesar Rp 400 ribu,

nah nilai yang berbeda inilah membuat kami berfikir untuk melakukan top up angka bantuan dari nilai hanya Rp 200 ribu-Rp 400 ribu untuk dinaikan dengan nilai yang sama menjadi Rp 600 ribu," katanya.

Ia juga mengatakan bantuan tersebut akan diberikan langsung kepada masyarakat sesuai data.

"Sehingga kami tidak akan susah lagi untuk mengirimkannya kepada masyarakat, jadi tidak akan salah kirim dan salah sasaran,"katanya.

Tak hanya itu saja lanjutnya,ada juga petunjuk dari kementerian desa bahwa dana desa yang angkanya ada di Rp 800- Rp 1 Milyar, bisa mengalokasikan 15 persennya untuk membantu masyarakat miskin.

"Dan itu mudah-mudahan dapat mengcover masyarakat yang sama sekali belum mendapatkan bantuan tadi,

sehingga dapat mengurangi beban APBD kita,namun untuk enam bulan kedepan, itu akan kita siapkan dulu masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan bantuan tadi sebesar Rp 600 ribu," pungkasnya.

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved