Berita Palembang

Tak Mau Kecolongan Covid-19, Masyarakat Gandus Proaktif Laporkan 3 Keluarga Baru Tiba dari Jawa

Mendapat informasi dari masyarakat bila di Kelurahan Gandus ada tiga keluarga yang baru pulang dari Jawa, membuat Lurah Gandus Palembang

corona.sumselprov.go.id
16 kasus positif corona di Sumsel 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Mendapat informasi dari masyarakat bila di Kelurahan Gandus ada tiga keluarga yang baru pulang dari Jawa, membuat Lurah Gandus Palembang melakukan pengecekan langsung.

Lurah Gandus Ardan SH MSi mengungkapkan, dari laporan warga langsung dilakukan pengecekan dengan mendatangi tiga keluarga tersebut bersama dinas kesehatan.

"Tiga keluarga ini ada di RT 22 RW 06 Talang Kemang sebanyak 7 orang, RT 5 RW 1 Karang Sari ada 1 orang dan RT 4 RW 1 ada1 orang. Mereka kami minta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah untuk tidak keluar rumah," ujar Ardan ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/4/2020).

Pengecekan yang dilakukan bersama Dinas Kesehatan, setelah ketua RT ketiga tempat tersebut memastikan bila memang ada warga yang baru pulang dari Jawa.

Untuk lebih memastikan, warga ini juga dilakukan pengecekan kesehatan mereka.

Hal ini, untuk mengetahui secara pasti apakah keluarga yang baru tiba dari Jawa ini terindikasi ada gejala virus Covid19.

"Adanya desakan warga, sehingga dilakukan pemeriksaan kesehatan. Sejauh ini mereka dalam keadaan sehat, tetapi kami sarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Kami juga bersyukur, masyarakat ikut berperan aktif memberikan informasi terhadap pendatang di kelurahan Gandus," katanya.

Dari hasil pengecekan, para pendatang ini juga jujur. Dibeberapa tempat mereka sebelumnya, ada yang menjadi PDP.

Dari itulah, mereka pulang ke Palembang.

Namun, sebelum pulang, mereka juga sempat diperiksa kesehatan dari dinas kesehatan disana.

Meski dinyatakan sehat, akan tetapi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan warga pendatang atau yang baru pulang dari wilayah yang banyak positif terkena Corona wajib melakukan isolasi mandiri.

"Kami menghimbau, kepada pendatang yang masuk ke kelurahan Gandus untuk wajib melaporkan diri ke perangkat RW dan RW setempat.

Ini sebagai langkah antisipasi dan kami butuh kesadarannya. Kami juga meminta warga berperan aktif melaporkan bila ada warga yang baru datang," katanya.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved