Pemkab OKU Selatan Gelontorkan Dana Rp 18,8 Miliar, Tanggulangi Covid-19

Anggaran sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan daerah Kabupaten OKU Selatan, akan tetapi akan dilakukan penyesuaian terhadap situasi ke depan

Sriwijaya Post
Bupati OKU Selatan Popo Ali, saat melakukan penyemprotan massal di Kota Muaradu, beberapa waktu lalu, Jumat (3/4/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARADUA--Tanggulangi pencegahan Corona Virus Desease (Covid-19) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan siapkan anggaran dana belanja sebesar Rp 18. 837. 131. 106.

Belanja Baru biaya tak terduga Pemkab OKU Selatan bersumber dari Dana Intensif Daerah (DID) Rp 8.640.243.606, Dana Alokasi Khusus, Non Fisik (DAK) Rp 9.086.887.500, dan Pajak Rokok Rp 1.065.000.000.

Alokasi anggaran yang akan disalurkan ke beberapa OPD yang membidangi pencegahan Covid-19, seperti halnya Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk penyelenggaraan pencegahan dan pemberantasan penyakit menular dan wabah, dan kegiatan penyediaan Biaya Operasional Kesehatan (BOK).

Selanjutnya, dialokasikan ke RSUD Muaradua pendanaan program pencegahan dan penanggulangan penyakit menular untuk kegiatan lebih ke pelayanan, pencegahan dan penanggulangan penyakit menular.

Lalu disalurkan untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk menggenjot percepatan rehab ruang bedah di RSUD Muaradua yang akan difungsikan untuk ruang isolasi bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sementara.

Selain itu, akan disalurkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengkoordinir penggunaan biaya tidak terduga sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Terkait dana anggaran Rp 18,8 M yang digelontorkan, Kepala Dinas Kominfo Firman Bastari, S, STP mengatakan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan daerah Kabupaten OKU Selatan, akan tetapi akan dilakukan penyesuaian terhadap situasi kedepannya.

"Melihat kondisi saat ini berdasarkan ajuan dari OPD terkait, untuk sementara kita gunakan anggaran dana demikian, namun bersifat fleksibel kita lihat ke depannya, yang terpenting saat ini masyarakat sehat,"ujar Firman, Jumat (3/4/2020).

Dikatakannya, untuk OPD Dinas Perhubungan (Dishub) Pol-PP, Dinas Kominfo, Camat dan lainnya memberikan dukungan dalam upaya penanggulangan Covid-19 sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Terkait penggunaan anggaran Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, B, Com berharap penggunaan dana ini tepat sasaran dan memenuhi sarana dan prasarana pencegahan Covid-19 di Kabupaten OKU Selatan.

"Hal ini merupakan komitmen dan langkah serius Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dalam mengoptimalkan pencegahan penyebaran Covid-19 dan jangan sampai virus ini masuk ke Kabupaten OKU Selatan," ujar Popo. (cr28/SP)

Editor: Lisma Noviani
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved