Pemkab Banyuasin Percepat Pencairan Dana PKH, Berharap Ringankan Beban KPM Saat Situasi Wabah Corona

Sebelum berdampak ekonomi, pemerintah telah berupaya secepat mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan

Sriwijaya Post
Ilustrasi Program Keluarga Harapan 

 TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN -- Pemkab Banyuasin telah mempercepat pencairan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Bantuan tahap II yang biasanya dijadwalkan pada April, kini sudah keluarkan pada Maret 2020 lalu.

Pencairan dana bantuan PKH dilakukan untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan wabah Virus Corona yang sangat membahayakan bagi masyarakat luas.

Dipercepat pencairan dana PKH, tentunya bisa memberikan keringanan warga miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok.

"Sebelum berdampak ekonomi, pemerintah telah berupaya secepat mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan," kata Kadis Sosial Banyuasin, Alamsyah Rianda, Jumat (3/4/2020).

Diungkapkan Alamsyah, bagi masyarakat yang tidak masuk dalam PKH, Pemkab Banyuasin berencana memberikan bantuan sosial pangan.

"Mengenai usulan PKH, belum ada formulanya dan lebih lanjut akan dibahas bersama bupati," jelas Alamsyah yang juga menyebutkan bagi orang terdampak Covid-19 akan ada bantuan dari pemerintah.

"Sesuai arahan kementrian sosial, kami harus menjaga daya beli Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH sebagai kelompok yang sangat rentan terhadap perlambatan ekonomi akibat penyebaran Virus Corona atau Covid-19)," timpal Heri selaku Korlap PKH.

Menurut Heri percepatan pencairan dana PKH dapat menjaga daya beli KPM dan dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan gizi anak sehingga mereka dapat terhindar dari penyebaran Virus Corona.

Namun, dirinya menegaskan untuk pencarian tetap mengacu pada keselamatan terutama menghindari kerumunan untuk antisipasi penyebaran Virus Corona.

“Pembagian PKH dijadwalkan jangan sampai masyarakat terinfeksi Virus Corona, minimal 20 orang dan tetap jaga jarak dan jumlah penerima PKH di Banyuasin ada 28114 KPM, dan sekarang terus di cairkan karena kondisi cuaca agak tersendat,” ujarnya. (mbd/SP)

Editor: Lisma Noviani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved