Antisipasi Virus Corona

Capai Rp 500 Miliar, Muba Daerah di Sumsel dengan Anggaran Terbesar Penanganan Covid-19

Bupati Muba Dodi Reza Alex memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyisir 30 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Muba

corona.sumselprov.go.id
Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 (Corona) di Sumsel sampai dengan 2 April 2020, berjumlah 11 kasus. Berdasarkan peliputan tribunsumsel.com, Muba menjadi daerah di Sumsel dengan alokasi dana terbesar menghadapi Pandemi Corona. 

TRIBUNSUMSEL.COM, SEKAYU-Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumsel, bakal memangkas sejumlah perjalanan dinas dan pembangunan infrastruktur yang bakal dialokasikan untuk penanganan Covid-19.

Bupati Muba Dodi Reza Alex memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyisir 30 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Muba.

Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, Apriyadi mengatakan, Pemkab Muba tidak main-main dalam upaya pencegahan dan penanganan virus Corona kendati Kabupaten Muba masih dikategorikan aman terhadap virus Corona.

“Ya, atas instruksi Pak Bupati saat ini tim anggaran pendapatan daerah (TAPD) sedang menyisir 30 persen APBD Muba untuk dialihkan dalam pencegahan dan penanganan virus Corona,”kata Apriyadi, Jumat (3/4/20).

Mekanisme Pemberian Token Gratis PLN, Ditentukan Pemakaian Tertinggi 3 Bulan Terakhir

Lanjutnya, 30 persen anggaran yang ada diperkirakan terkumpul sekitar Rp 500 Milyar yang berfungsi sebagai jaring pengaman sosial.

Dimana pihaknya akan memberikan secara langsung bantuan terhadap masyarakat yang membutuhkan ditengah melemahnya perekonomian yang ada saat ini.

“30 persen dana yang ada bisa dari perjalanan dinas, sosialiasi, ATK, honor, dan pembanguan infrastrukur yang belum sekala prioritas."

"Realisasinya dari 30 persen penyisiran anggaran diperuntukkan dalam melakukan pencegahan, penanganan, dan pasca Covid-19,”ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex akan menyisir anggaran Pemkab Muba sebesar 30 persen dan terkumpul sebesar Rp 500 Milyar.

64 Tempat Karaoke Tutup karena Corona, Inul Jawab Soal Nasib Karyawan

“Saya sudah perintahkan perangkat daerah yang ada untuk menyisir anggaran mana saja yang bisa dialihkan untuk menghadapi pandemi virus Corona ini."

"Dari penyisiran anggaran yang ada terdapat sebanyak 30 persen anggaran yang bisa dialihkan, kita perkirakan sebesar Rp 500 Milyar anggaran siap menghadapi virus Corona,”kata Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex.

Dari 30 persen anggaran yang ada pihaknya akan memberikan secara langsung bantuan terhadap masyarakat yang membutuhkan ditengah melemahnya perekonomian yang ada saat ini.

“Secara langsung kita akan berikan kebutuhan pokok maupun bantuan tunai, mengenai jumlahnya bakal akan kita tentukan nanti,”ungkapnya.

Berdasarkan peliputan tribunsumsel.com, Muba menjadi daerah di Sumsel dengan alokasi dana terbesar menghadapi Pandemi Corona.

Ini data alokasi anggaran sejumlah daerah :

  • Pemprov Sumsel Rp 100 Miliar
  • OKU Rp 5,9 Miliar
  • Muba Rp 500 miliar
  • Pagaralam Rp Rp12,4 Miliar
  • Prabumulih Rp 2 Miliar
  • Banyuasin Rp 4,2 Miliar
  • Palembang Rp 116 Miliar
  • Muratara Rp 14,3 Miliar
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved