Omzet Anjlok 95 Persen, Pengusaha Rental Mobil Minta Kelonggaran Angsuran Kredit 3 Bulan

Asosiasi rental mobil Indonesia (RCI) Palembang mendatangi sejumlah leasing mobil mengajukan restrukturisasi angsuran

Tribun Sumsel/ Hartati
Asosiasi rental mobil Indonesia Rent Car Indoensia (RCI) mendatangi kantor leasing mengajukan restrukturisasi angsuran mobil karena wabah Corona omset anjlok hingga 95 persen. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Asosiasi rental mobil Indonesia (RCI) Palembang mendatangi sejumlah leasing mobil mengajukan restrukturisasi angsuran.

Sebab pendapatan mereka turun drastis sehingga kesulitan membayar angsuran.

Koordinator Wilayah RCI Palembang, Riando Hijra Saputra mengatakan pengajuan restrukturisasi dilakukan karena omzet mereka turun hingga 95 persen.

Lima persen omzet yang ada saat ini yakni sisa kontrak yang dilakukan sebelum wabah Corona melanda.

Putra mengatakan, biasanya menjelang Ramadan dan lebaran omzet akan naik hingga lebih dari 100 persen karena banyak yang menyewa mobil penumpang dan mobil niaga untuk keperluan sehari-hari hingga untuk usaha.

Disdukcapil Prabumulih Buka Layanan Kependudukan Via Whatsapp, Ini Nomor Kontaknya

"Semua kontrak dan perjanjian yang ada semuanya batal karena perjalan dinas, agenda dan lainnya ditiadakan semua," ujarnya, Senin (23/3/2020).

Pembatalan sewa atau kerjasama ini terjadi dua Minggu lalu.

Puluhan mobil yang sudah disepakati akan disewakan mendadak dibatalkan oleh klien karena mereka batal pergi.

Putra secara pribadi mengaku sebelas mobil miliknya yang akan disewa untuk peresmian tol Palembang-Lampung urung karena agenda yang direncanakan akan dibuka presiden Jokowi itu mendadak dibatalkan juga karena Corona.

Oleh sebab itu sepinya omzet membuat mereka meminta agar angsuran tiga bulan kedepan yakni April-Juni agar diberikan kelonggaran pembayaran.

Sebab setiap bulan puluhan juta harus mereka keluarkan untuk membayar angsuran mobil tersebut.

Mobil penumpang sejenis Avanza misalnya harus mengeluarkan Rp 5 juta per bulan, mobil Hiace Rp 12-13 juta dan mobil Alphard Rp 30 juta per bulan.

Rata-rata tenor yang harus dibayar 3-5 tahun.

Arya Satria Claproth Kirim Surat ke Polisi, Tak Dapat Penuhi Panggilan Pertama Dugaan Kasus KDRT

Sementara itu Ketua Paguyuban Rental Mobil Palembang (PRMP) Fajar Amran mengatakan, karena wabah Corona sewa mobil ikut terdampak sepi omzet sehingga sulit membayar angsuran.

"Itulah sebabnya kami mendatangi leasing agar mereka bisa memberikan keringanan waktu angsuran sebab sebelum Corona angsuran kami lancar tidak pernah bermasalah," ujarnya.

Penulis: Hartati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved