Layanan BPJS Kesehatan Cabang Lubuklingga Tanggap Penyebaran Covid-19

Di tengah maraknya berita penyebaran Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau tetap membuka layanan bagi masyarakat dan peserta JKN-KIS

ISTIMEWA
Layanan BPJS Kesehatan Cabang Lubuklingga Tanggap Penyebaran Covid-19 

Di tengah maraknya berita penyebaran Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau tetap membuka layanan bagi masyarakat dan peserta JKN-KIS yang ingin mengurus administrasi kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Namun untuk menjaga penyebaran Covid-19 dilingkungannya, BPJS Kesehatan Cabang menerapkan prosedur tanggap penyebaran Covid-19.

“Prosedur yang dilaksanakan yaitu melakukan cek suhu tubuh setiap masyarakat dan peserta JKN-KIS yang akan melakukan pengurusan administrasi kepesertaan Program JKN-KIS di kantor BPJS Kesehatan menggunakan thermal gun oleh petugas keamanan.

"Kami juga menyediakan hand sanitizer dan tisu di beberapa titik untuk setiap orang yang datang ke kantor kami agar lebih steril. Prosedur ini juga kami lakukan untuk pegawai yang baru datang ke kantor di pagi hari dan pegawai yang setelah berkegiatan diluar kantor,” ujar Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik Risca Aprilia.

“Jika suhu tubuh terdeteksi diatas rata-rata normal yaitu lebih dari 37,5o Celcius maka petugas kami akan mengarahkan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke fasilitas kesehatan terdekat,” imbuh wanita yang kerap disapa Ica ini.

Ica mengatakan setiap pegawai diberikan masker agar meminimalisir risiko tertular.

Bahkan di kantornya juga sudah dilengkapi sarana kebersihan seperti sabun cuci tangan disetiap toilet sebagai sarana wajib sesuai standar operasional prosedur dikantornya (19/3).

Namun bagi masyarakat dan peserta JKN-KIS yang menginginkan pelayanan secara maksimal tanpa ke kantor BPJS Kesehatan, Ica menyarankan untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Sebab, pada aplikasi Mobile JKN selain masyarakat bisa melakukan pendaftaran, bagi peserta yang sudah terdaftar peserta juga bisa memanfaatkannya seperti melakukan perubahan data, konsultasi Online, cek tagihan, pendaftaran autodebet dan masih banyak lagi fitur yang bisa digunakan.

“Pakai Mobile JKN atau via care center aja lebih nyaman dan aman. Sebab, saat ini dalam rangka pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 pelayanan yang ada di kantor BPJS Kesehatan mendapatkan kebijakan khusus. Seperti hanya untuk pendaftaran baru dan keluarga khusus pegawai negeri, perubahan data dan fasilitas kesehatan PBI, pendaftaran bayi baru lahir dari peserta PBI dan pengaduan peserta. Sedangkan untuk pelayanan lainnya dialihkan ke Care Center 1500 400 dan aplikasi Mobile JKN,” pungkas Ica.

Merasakan pelayanan demikian di kantor BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau, Fitri (43) yang merupakan warga Kelurahan Majapahit merasa senang.

Menurutnya selain pelayanan yang lebih steril, pelayanannya juga menjadi lebih nyaman karena masyarakat yang melakukan pengurusan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau sedikit sehingga antrean tidak panjang.

“Pelayanannya bagus, prosedur tanggap Virus Corona juga memadai. Tadi sebelum masuk di cek suhu tubuh sama satpamnya. Terus ada hand sanitizer sama tisunya supaya bisa sterilkan tangan. Terus kalau dilihat tadi posisi duduknya juga diatur supaya jaraknya tidak terlalu dekat antar orang. Dan karena yang antre sedikit jadi cepet ngurusnya,” ungkap Fitri. (RW/na)

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved