Cegah Covid-19 SMK-PP Negeri Sembawa Meracik Hand Sanitizer Sendiri

Cegah Virus Corona (Covid-19) SMK-PP Negeri Sembawa Mengantisipasi dengan Meracik Hand Sanitizer Sendiri

Istimewa
Cegah Virus Corona (Covid-19) SMK-PP Negeri Sembawa Mengantisipasi dengan Meracik Hand Sanitizer Sendiri 

BANYUASIN, TRIBUNSUMSEL.COM - Maraknya isu mengenai pandemi Corona (Covid-19) yang sedang melanda di Indonesia, Salah satu Laboratorium yang ada di SMK-PP Negeri Sembawa yaitu Lab. APHP meracik cairan antiseptik atau hand sanitizer untuk kemudian hasilnya setelah jadi dapat dibagikan keseluruh ruangan yang ada di intansi kerja SMK-PP Negeri Sembawa.

Merabaknya virus Corona (Covid-19) dan menjadi pandemi dunia membuat orang sadar akan keselamatan diri sendiri. Cara pencegahan virus Corona adalah dengan membersihkan tangan secara teratur memakai cairan antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer) yang mengandung alkohol atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Maka tak heran jika banyak warga yang memborong masker dan hand sanitizer yang saat ini bisa didapatkan dengan harga yang berlipat ganda dari harga aslinya.

Erni Prabawati, S.Pi., M.P, Kepala Prodi Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian menyatakan bahwa ide memproduksi hand sanitizer merupakan suatu langkah untuk mencegah Corona (Covid-19) di instansi kerja sendiri. Hand Sanitizer yang di produksi berdasarkan panduan surat edaran yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor KP.11.01.2.83.03.20.14 tentang pembuatan Hand Sanitizer dalam Upaya Mencegah Virus Corona.

Erni mengungkapkan, bahan-bahan yang digunakan hand sanitizer sederhana adalah etanol 96%, hydrogen peroksida 3%, gliselor 98% dan aquadest.

Cara pembuatannya yaitu sejumlah 833 ml etanol 96% dimasukkan ke daalam gelas ukur 1000 –ml, kemudian tambahkan 41,7 mL hidrogen peroksida 3% kedalam gelas ukur berisi etanol tersebut, selanjutnya tambahkan 14,5 mL gliserol 98% menggunakan gelas ukur, dan pastikan sisa gliselor tidak tertinggal dengan cara membilasnya dengan air, Tambahkan air aquadest hingga 1000 mL,aduk hingga homogeny, pindahkan campuran ke dalam botol kaca bersih.

Simpan selama 72 jam untuk memastikan tidak ada kontaminasi organisme dari wadah botol, Hand Sanitizer siap digunakan.

Diharapkan upaya ini bisa mengatasi kekhawatiran masyarakat sehingga tidak perlu panik kita bisa mencegah virus Corona (Covid-19) dengan menjaga keselamatan diri sendiri yaitu menjaga kebersihan diri dengan rajin cuci tangan dan gunakan hand sanitizer.

Editor: Erwanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved