Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Bagaimana Kelanjutan Pilkada Serentak 2020 di Tengah Wabah Corona? KPU Harus Siapkan Skenario

Menghadapi kondisi ini, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), mendorong agar KPU perlu untuk segera meninjau pelaksanaan tahapan Pilkada

Tribunsumsel.com/Khoiril
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), mendorong agar KPU perlu untuk segera meninjau pelaksanaan tahapan Pilkada 2020. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Presiden Joko Widodo telah menetapkan kewaspadaan nasional untuk menanggulangi penyebaran Covid-19.

Instruksi untuk meningkatkan kewaspadaan nasional tersebut juga diikuti imbauan agar warga masyarakat menahan diri untuk tidak banyak beraktivitas di luar rumah.

Mengurangi mengumpulkan orang dalam jumlah banyak.

Menghadapi kondisi ini, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), mendorong agar KPU perlu untuk segera meninjau pelaksanaan tahapan Pilkada 2020.

Mengingat ada 270 daerah yang akan melaksanakan pilkada pada 23 September 2020 nanti diantara Sumsel terdapat 7 Kabupaten.

Menurut Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini, rangkaian pelaksanaan pilkada memiliki tahapan yang akan membuat banyaknya aktivitas di luar kantor.

Selain itu, beberapa rangkaian tahapan pilkada juga akan melakukan pengumpulan orang dalam jumlah banyak di suatu tempat.

"Melihat perkembangan penyebaran Covid-19 yang semakin meluas, serta adanya imbauan untuk membatasi kegiatan di luar kantor dan luar rumah, Kami mendorong KPU untuk melakukan beberapa hal," kata Titi melalui Manajer Program Perludem, Fadli Ramadhanil.

Diungkapkannya, beberapa hal yang harus dilakukan KPU harus berkoordinasi dengan Pemerintah khususnya dinas kesehatan untuk menentukan langkah mitigasi.

Untuk tahapan pelaksanaan pilkada yang sangat mungkin beririsan dengan langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved