Berita Muara Enim

Dapat Undangan UNESCO, Muaraenim Akan Pamerkan Kopi Semendo di Sao Paulo Brazil

Kopi khas Kabupaten Muaraenim dari Kawasan Kecamatan Semende Raya, akan dipamerkan di Festival Budaya dan Produk Unggulan, di Sao Paolo, Brazil

Istimewa
Foto Ilustrasi : Putra asli Semende, Muhammad Yazali ikut mengenalkan kopi semendo di Festival Kopi di Austria. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM-Kopi khas Kabupaten Muaraenim dari Kawasan Kecamatan Semende Raya, akan dipamerkan di Festival Budaya dan Produk Unggulan, di Sao Paolo, Brazil, November 2020.

“Benar, Muaraenim mendapati undangan UNESCO agar ikut serta pameran di Brazil, salah satunya yang siap kita pamerkan produk kopi,” kata Plt Bupati Muaraenim Juarsah, Minggu (15/3/2020).

Menurut Juarsah, Kabupaten Muarenim mendapat undangan bersama Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk memamerkan produk unggulannya dalam acara pameran di Sao Paolo, Brazil.

Hal tersebut langsung kita sambut, sebab kapan lagi produk Kopi asli Semende bisa dipromosikan langsung di luar negeri.

Jadi pameran di negeri samba itu menjadi kesempatan besar untuk mengenalkan produk kopi Semendo ke berbagai negara.

“Pameran ini cukup prestisius, mengingat Brazil adalah pusat perdagangan kopi internasional, sehingga kita memiliki kebanggaan tersendiri bisa berpartisipasi,” ungkap Juarsah.

Masih dikatakan Juarsah, bahwa Kabupaten Muaraenim khususnya di wilayah Kecamatan Semendo Raya merupakan daerah perbukitan tinggi yang memiliki tanaman kopi berkualtias dan bercitarasa tersendiri.

Untuk itu, ia berharap, Kopi Semendo bisa terus berkembang dan dikenal luas masyarakat nusantara hingga dunia sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi petaninya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Selatan, Aufa Syahrizal menyampaikan Kopi Semendo akan meramaikan pergelaran budaya dan produk unggulan provinsi Sumatera Selatan yang diselenggarakan Badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bidang pendidikan, keilmuan dan Kebudayaan (UNESCO), di Sao Paolo, Brazil, November mendatang.

“Unesco menawarkan Provinsi Sumsel untuk menampilkan kebudayaan serta produk unggulan pada ajang pameran di Brazil,” kata Aufa di Muara Enim belum lama ini.

Menurut Aufa, ajang pameran produk unggulan di negeri Samba akan dimanfaatkan Provinsi Sumsel untuk memperkenalkan produk Kopi unggulan.

Hal ini mengingat Brazil menyandang sebagai negara pusat perdagangan kopi dunia.

“Kalau Brazil dikenal pusat Kopi dunia, sedangkan Muaraenim pusat Kopi di Sumsel, jadi alangkah baiknya dalam pameran nanti kita kolaborasikan,” ucapnya.

Dengan cirikhas rasa yang dimiliki Kopi Semendo, Aufa mengakui Kopi Semendo sangat memiliki potensi dan peluang untuk dipasarkan lebih jauh.

Untuk itu, dirinya pun mengajak Pemkab Muaraenim beserta forkompimda terkait supaya serius mengembangkan potensi kopi Semendo beserta produk unggulan daerah lainnya. (SP/ Ardani)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved