Wisata dan Kuliner

Kelurahan Air Kati Akan Dijadikan Sentral Alpukat dan Durian Lubuklinggau, Luas Lahan 1.000 Hektare

Alpukat sekarang menjadi oleh-oleh yang paling dicari orang yang mengunjungi Lubuklinggau

Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Kepala Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau Dedi Yansyah 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU-Alpukat sekarang menjadi oleh-oleh yang paling dicari orang yang mengunjungi Lubuklinggau.

Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklingga melihat peluang ini dengan gencar melakukan pengembangan.

Tahun ini Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau mewacanakan akan menjadikan daerah Kelurahan Air Kati, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I sebagai sentral penghasil buah alpukat.

"Linggau ini ada dua komoditi yang kita kembangkan, pertama alpukat dan yang kedua durian," ungkap Kepala Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau, Dedi Yansyah pada wartawan, Minggu (8/3/2020).

Dedi menjelaskan, di kawasan Kelurahan Air Kati ada 1.000 hektare lahan pertanian milik warga yang saat ini tengah dikembangkan untuk menanam alpukat dan durian.

"Rata-rata itu lahan warga ada yang 2 hektare, 2,5 hektare, mereka menanam sudah lama, ada yang sudah 4 tahun, 3 tahun,"

"Bahkan untuk tanaman yang dibagikan di zaman pak Subandio waktu itu sudah banyak yang berbuah," ujarnya.

Dedi menerangkan, dalam rangka untuk meramaikan kota Lubuklinggau kedepan, karena bertepatan dengan program Ayo Ngelong ke Lubuklinggau 22222, Dinas Pertanian akan mengadakan kontes alpukat.

"Kita punya wacana dan sudah koordinasi dengan pihak terkait kedepan tahun 2021 kita akan mengadakan kontes alpukat tingkat nasional, tapi sebelum itu kita akan mengadakan kontes lokal lebih dahulu," paparnya.

Menurut Dedi, kontes lokal tersebut dilakukan lebih dahulu untuk mencari alpukat kualitas unggul endemik Lubuklinggau atau istilahnya memang sudah menyesuaikan dengan kondisi Lubuklinggau.

"Contohnya yang kita cari buah alpukat satu buahnya diatas 2 kg, seperti Aligator, sekarang kita dilapangan sedang melakukan inventarisasi itu," terangnya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved