Breaking News:

Peduli Satpol PP HD Terima Penghargaan Langsung dari Mendagri Tito Karnavian

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kembali menambah daftar panjang koleksi penghargaan bergengsinya tahun 2020. Kali ini Sumsel mendapatkan

Editor: Ray Happyeni
HUMAS PEMPROV SUMSEL
Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP dari Mendagri Tito Karnavian. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MATARAM - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kembali menambah daftar panjang koleksi penghargaan bergengsinya tahun 2020. Kali ini Sumsel mendapatkan penghargaan "Karya Bhakti Peduli Satpol PP" dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian yang diserahkannya langsung kepada Gubernur Sumsel Herman Deru pada Upacara Peringatan HUT Satpol PP ke 77 dan Sat Linmas ke 58 di Eks Bandara Selaparang Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (3/3/2020) pagi.

Selaku Inspekstur Upacara, Mendagri RI Tito Karnavian bangga terhadap dedikasi Satpol PP dan Sat Linmas yang telah memberikan kontribusi besar dalam keamanan, ketertiban kepada masyarakat selama ini. Bahkan, menurut Tito, ini menunjukan bahwa eksistensi Satpol PP dan Sat Limnas dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa Indonesia dibutuhkan masyarakat.

"Dua satuan ini agar dapat terus eksis. Kita lihat sekarang masih eksis walaupun usia Satpol PP 77 Tahun dan Sat Linmas 58 Tahun. Artinya Satpol PP dan Sat Linmas ini dibutuhkan oleh rakyat dan diakui keberadaan oleh rakyat," katanya.

Dengan memiliki usia yang cukup dewasa serta memiliki landasan histori yang sangat kuat, Satpol PP diakuinya bagian dari perjuangan bangsa. Satpol PP dibutuhkan masyarakat karena Satpol PP terutama menegakkan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah khusus menjaga ketertiban umum dan wilayah daerahnya masing-masing.

Tito mengatakan keberadaan Sat Linmas mempunyai fungsi paling utamanya pada saat pengamanan penyelenggaraan pilkada. Di samping juga tugas lain yang diberikan adalah dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban umum.

"Ke depan saya harap untuk lebih dicintai dan lebih kuat maka keduanya harus lebih profesional dan integritas,"ucapnya.

Tito mengingatkan bahwa dengan adanya kewenangan yang ada sesuai undang -undang maupun peraturan-peraturan lain, Tito meminta untuk gunakan kewenangan tersebut secara profesional jangan berlebihan, arogan, dan bersifat yang tidak humanis. Apalagi menggunakan kekerasan yang membuat masyarakat tidak empati lagi kepada Satpol PP dan Sat Linmas.

"Selamat HUT Satpol PP dan Sat Linmas, semoga semakin profesional dan semakin dekat di hati rakyat," tutupnya.

Sementara itu, usai menghadiri Upacara Peringatan HUT Satpol PP ke 77 dan Satlimnas ke 58, Gubernur Sumsel Herman Deru meminta ke depan Satpol PP dan Sat Linmas harus lebih profesional dan dekat dengan masyarakat

"Saya mengucapkan selamat HUT ke 77 untuk Satpol PP dan Sat Linmas ke 58. Ke depan tetap profesional, dekat dengan rakyat dan bersama TNI/Polri tetap terus menjaga ketertiban di masyarakat," katanya.

Gubernur Herman Deru juga mengingatkan selain menjaga Perda dan ketentaraman keamanan, Satpol PP juga harus melakukan pendekatan-pendekatan yang humanis tanpa ada kekerasan kepada masyarakat.

"Satpol PP ini tugas pokoknya menjaga Perda maka untu keamanan, ketentraman, ketertiban bersama TNI/Polri. Maka mereka harus tetap berpegang teguh pada pendekatan- pendekatan dan tindakan- tindakan yang persuasif. Untuk kekerasan sendiri harus mereka hindari," pungkasnya.

Selain Gubernur Sumsel Herman Deru, penghargaan ini diberikan kepada Gubernur NTB, Gubernur Bali, Walikota Mataram, Walikota Jambi dan Bupati Lebak.

Tags
Satpol PP
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved