Berharap Polisi Lupa Setelah Buron Tiga Tahun, Pelaku Pencuri Besi Rel KA Diringkus Saat Nongkrong

Hampir tiga tahun menjadi buronan polisi, akhirnya pelaku pencuri besi rel kereta api yakni Randi Saputra (22) berhasil dibekuk

Berharap Polisi Lupa Setelah Buron Tiga Tahun, Pelaku Pencuri Besi Rel KA Diringkus Saat Nongkrong
EDISON/TRIBUNSUMSEL
Tersangka. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Hampir tiga tahun menjadi buronan polisi, akhirnya pelaku pencuri besi rel kereta api yakni Randi Saputra (22) berhasil dibekuk tim Opsnal Polsek Prabumulih Barat.

Warga Jalan A Hamid RT 02 RW 02 Kelurahan Pasar Kecamatan Prabumulih Utara itu diringkus polisi ketika nongkrong bersama teman-temannya di Lorong tepatnya di samping toko Sinar Baru Grande Kelurahan Pasar, pada Jumat (14/02/2020) malam.

Pelaku pulang ke rumahnya setelah buron selama hampir tiga tahun karena menduga polisi lupa dan kasus dilakukannya telah selesai. Bahkan, karena mengira polisi tidak lagi memburunya, Randi Saputra berani nongkrong di pinggir jalan.

Namun ternyata anggapan Randi salah besar. Polisi yang melihat pelaku kemudian langsung meringkusnya dan menggelandang pria bertubuh bongsor itu ke Polsek Prabumulih Barat.

Berdasarkan informasi berhasil dihimpun Tribunsumsel.com diringkusnya Randi bermula ketika pelaku bersama dua temannya yakni Septian dan Dian yang telah ditahan di Rutan Prabumulih, melakukan pencurian besi milik PT KAI pada Minggu 25 Maret 2018 sekitar pukul 23.30 lalu.

Ketiga pelaku mencuri pipa tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat, dengan cara memotong menggunakan gergaji besi.

Selanjutnya potongan pipa besi dijual ketiganya dan uang hasil penjualan dibagi rata oleh para pelaku. Namun petugas kepolisian yang kemudian mendapatkan laporan langsung melakukan pengejaran dan berhasil meringkus Septian dan Dian.

Kedua pelaku itu kemudian mengakui jika satu teman mereka lainnya yakni Randi. Petugas kemudian langsung melakukan penggerbekan ke rumah pelaku namun pelaku kabur dan buron.

Setelah hampir tiga tahun buron, tim Opsnal Polsek Prabumulih Barat yang melakukan patroli kemudian mendapati pelaku Randi sendang asik nongkrong. Tanpa pikir panjang, petugas langsung meringkus pelaku tanpa perlawanan.

"Saya kabur karena dua teman ditangkap, karena rindu keluarga saya pulang dan saya pikir polisi sudah lupa tapi malah kena tangkap," ungkap Randi dihadapan petugas kepolisian.

Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudarmaya SIk MH melalui Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Mursal Hadi didampingi Kanit Reskrim, Ipda Darmawan mengatakan, tersangka diamankan tim opsnal ketika asik nongkrong bersama teman-temannya.

"Dua teman pelaku lebih dulu diamankan dan menjalani tahanan di Rutan Prabumulih, saat ini Randi masih dalam pemeriksaan kita. Atas perbuatannya, tersangka akan dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," tegasnya. (eds)

Penulis: Edison
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved