Berita Lubuklinggau

Tersisa Satu Tahanan Kabur Belum Ditangkap, Ini Upaya Kejari Lubuklinggau Supaya Tidak Terulang

Tiga tahanan Kejari Lubuklinggau kabur saat akan menjalani persidangan, Rabu (29/1/2020). Tersisa satu belum ditangkap.

Tersisa Satu Tahanan Kabur Belum Ditangkap, Ini Upaya Kejari Lubuklinggau Supaya Tidak Terulang
Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Kejari Lubuklinggau Zairida saat menyampaikan paparan dalam acara rapat koordinasi CSJ (Criminal Justice System) dan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) di Pengadilan Negeri Lubuklinggau, Kamis (13/2/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU-Minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau dinilai menjadi penyebab setiap penanganan perkara di Kejari Lubuklinggau kadang terkendala.

Diantaranya masalah penjemputan tahananan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) menuju ruang sidang.

Kejari Lubuklinggau saat ini hanya memiliki 15 orang jaksa aktif dalam menangani perkara.

"Jumlah tahanan yang kita jemput, jumlahnya 20, 30,40 orang, sedangkan jumlah petugas kita terbatas sehingga ada kejadian kemarin (kabur)," kata Kajari Lubuklinggau, Zairida, Kamis (13/2/2020).

Untuk itu, saat menghadiri rapat koordinasi CSJ (Criminal Justice System) dan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) di Pengadilan Negeri Lubuklinggau. Kajari meminta agar pengadilan memberikan izin pintu masuk untuk mobil tahanan.

"Saat ini penjemputan tahanan, mobil tidak bisa langsung masuk ke dalam, sehingga waktu itu ada insiden (tahanan kabur), kedepan kita minta kepada ibu pengadilan supaya mobil tahanan bisa masuk," ungkapnya.

BREAKING NEWS, 3 Tahanan Kejari Lubuklinggau Kabur dengan Kondisi Tangan Terborgol

Menurutnya, meskipun dengan SDM yang terbatas hal-hal yang tidak dinginkan selama masa penjemputan tahanan bisa diminimalisir sekecil mungkin.

Sebagai mana diketahui beberapa waktu lalu, dengan tangan terborgol, tiga tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau berhasil kabur saat turun dari mobil tahanan saat akan disidangkan.

Informasinya, dua tahanan sudah berhasil ditangkap.

Sementara satu tahanan lagi masih dalam pencarian oleh pihak kepolisian dan kejaksaan

Tiga tahanan Kejari Lubuklinggau kabur saat akan menjalani persidangan, Rabu (29/1/2020).

"Itulah kita minta ibu untuk memberikan izin, karena dengan kondisi sekarang, mempunyai celah (tahanan kabur), termasuk kedepan setiap penjemputan tahanan kita minta pengawalan tim Rajawali Polres Lubuklinggau," ujarnya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved