Berita Prabumulih

Desa Talang Batu Prabumulih Ciptakan Desa Terang Berkat Dana Desa

Perangkat desa Talang Batu sendiri menerapkan program desa terang dengan menggunakan dana desa (DD), dimana setiap tahun menganggarkan dana

Desa Talang Batu Prabumulih Ciptakan Desa Terang Berkat Dana Desa
Tribun Sumsel/ Edison
Perangkat desa Talang Batu sendiri menerapkan program desa terang dengan menggunakan dana desa (DD), dimana setiap tahun menganggarkan dana untuk pembelian dan pemasangan lampu. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH-Jika selama ini gelap dan rawan tindak kejahatan, dengan nenerapkan program desa terang yang dilakukan Desa Talang Batu Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) kota Prabumulih membuat jalan menuju desa menjadi terang.

Perangkat desa Talang Batu sendiri menerapkan program desa terang dengan menggunakan dana desa (DD), dimana setiap tahun menganggarkan dana untuk pembelian dan pemasangan lampu.

Meski bertahap yakni sebanyak 10 unit lampu tenaga surya dipasang, namun pemasangan dilakukan pemerintah Desa Talang Batu setiap tahun.

"Kita menargetkan seluruh jalan desa terang dengan dipasangnya seluruh lampu jalan, dana pemasangan dan membeli lampu kita anggarkan melalui dana desa," ungkap Kepala Desa Talang Batu, Syahril Kenedi.

Syahril mengatakan, pihaknya setiap tahun akan menganggarkan dana untuk penerangan desa dan tahun ini sudah sebanyak 10 lampu jalan terpasang.

"Jadi tiap tahun kita beli tiang, lampu dan anggarkan minimal 10 unit lampu tenaga surya."

"Jika tiap tahun 10 unit tentu akan terang dan dijaga bersama seluruh masyarakat desa," katanya seraya mengatakan pihaknya bersyukur lampu aman tanpa pencurian.

Tujuan program desa terang sendiri menurut Kades ini dilakukan agar memudahkan masyarakat ketika berkendara dan mengantiaipasi tindak kejahatan terhadap masyarakat desa ketika berpergian ketika malam hari.

"Kami kira juga dana desa itu tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat tentu dengan program desa terang tidak menyalahi, karena untuk seluruh masyarakat apalagi tujuannya bagus dan antisipasi kejahatan," bebernya.

Selain program lampu terang, Syahril menuturkan jika melalui dana desa pihaknya juga fokus untuk kesejahteraan masyarakat melalui program lain seperti pembagunan jalan, gedung untuk masyarakat dan pembelian sarana prasarana untuk warga.

"Kita beli tenda, orgen dan mobil juga jadi kalau ada warga hajatan tidak perlu sewa lagi bisa pakai milik desa, bangun jalan dsn gedung dan lainnya. Sekarang kita targetkan untuk program desa terang, alhamdulilah adanya dana desa membuat kita terbantu," bebernya.

Keberadaan lampu tenaga surya dipasang pemerintah desa di beberapa titik jalan tersebut sangat disambut masyarakat dengan baik lantaran membuat desa sama dengan kota dan menghindari terjadi tindak kekerasan.

"Adanya Program desa terang ini tentu sangat bagus karena membuat jalanan menjadi terang dan tidak khawatir tindak kejahatan, jadi dana desa itu sangat bermanfaat sekali karena jika tidak ada dana desa maka desa kita yang jauh dari kota akan selalu gelap," ungkap satu diantara warga ketika dibincangi.

Penulis: Edison
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved