Agustus 2020 Tanjung Enim Kota Wisata Siap Dikomersilkan

Tanjung Enim Kota Wisata ini sudah di gagas empat tahun yang lalu yang dibentuk bersama oleh PTBA bersama Pemkab Muaraenim.

Agustus 2020 Tanjung Enim Kota Wisata Siap Dikomersilkan
ISTIMEWA
TANJUNG ENIM KOTA WISATA - Pembangunan Proyek Tanjung Enim Kota Wisata yang dilaksanakan oleh PT Bukit Asam, Senin (10/2/2020). Proyek ini ditargetkan Agustus 2020 mendatang siap dikomersialkan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM - Pembangunan Proyek Tanjung Enim Kota Wisata secara fisik yang dilaksanakan oleh PT Bukit Asam hingga saat ini baru mencapai 30 persen, ditargetkan Agustus 2020 mendatang siap dikomersialkan.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Teknis Infrastruktur Kota Wisata PTBA, Budi Lesmono, Senin (10/2/2020).

"Sebenarnya gagasan tentang Tanjung Enim Kota Wisata ini sudah digagas empat tahun yang lalu yang dibentuk bersama oleh PTBA bersama Pemkab Muaraenim untuk menjadikan Tanjung Enim sebagai Kota Tujuan Wisata. Sebenarnya konsepnya adalah penbangunan infrastruktrur yang dimulai dari jembatan, lapangan eks mandiri ke area pasar buah Tanjung Enim,"katanya.

Dijelaskan Budi Lesmono,bahwa untuk menjadikan Tanjung Enim sebagai kota wisata,pihaknya telah melakukan beberapa pembangunan yang kedepan akan menjadi salah satu destinasi wisata di Tanjung Enim.

"Dimana poros tengahnya ada di tengah-tengah Kota Tanjung Enim. Adapun infrastruktur yang sedang dibangun saat ini berlokasi di kawasan eks Mandiri dimana dilokasi ini sedang dibangun Museum sejarah penambangan batubara dari jaman kolonial sampai sekarang yang akan menggunakan biligual languageyang dilengkapi roli yang akan membawa pengunjung keliling didalam museum,dan membawa mereka terasa didalam tambang bawah tanah," katanya.

Kemudian ada juga gedung kesenian,gedung pusat kuliner dan Taman Mini Sumsel.

"Di samping itu juga ptba juga sedang menbangun Pendestrian pasar bawah hingga ke pasar buah,Pendestrian protokol depan perkantoran, dan untuk dipasar buah akan dibangun plaza ruang terbuka hijau,"katanya.

Tidak hanya itu saja lanjutnya, untuk destinasi wisata yang sudah ada dan saat ini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat umum diantaranya ada objek Wisata Mini Zoo dan Jogging Track Tanjung Enim.

"Setiap hari lokasi ini selalu ramai oleh pengunjung terutama di akhir pekan, kita juga saat ini sedang merenovasi taman love dan akan membangun botanical garden atau taman hutan koleksi yang akan dimulai tahun 2020 ini, kemudian saat ini juga PTBA sedang melakukan proses pembangunan Bandara,dan ini diharapkan dapat semakin melengkapi warna destinasi wisata tanjung enim kota wisata,"katanya.

Dijelaskan Budi, sejauh ini proses pembangunan infrastruktur secara fisik baru 30 persen.

Halaman
12
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved