BPN Permudah Bank Daftarkan Hak Tanggungan Elektronik

Badan Pertahanan Nasional (BPN) memberikan kemudahan bagi perbankan mendaftar Hak Tanggungan Elektronik (HTE)

BPN Permudah Bank Daftarkan Hak Tanggungan Elektronik
HARTATI/TRIBUNSUMSEL.COM
Kabid Perhubungan Hukum Pertanahan Sumsel Hotman (tengah) didampingi Kakanwil BPN Palembang Cecep Prayoga (kiri) dalam, *Sosialisasi dan Tutorial Pendaftaran Hak Tanggungan elektronik dengan Bank Sumsel Babel dan Kanwil BPN Prov. Sumsel, Rabu, (5/2/2020) di ballroom hotel Aryaduta Palembang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Badan Pertahanan Nasional (BPN) memberikan kemudahan bagi perbankan mendaftar Hak Tanggungan Elektronik (HTE) agar prosesnya lebih cepat dan mudah.

Kepala Kantor Wilayah BPN Palembang Cecep Prayoga mengatakan selama ini proses pendaftaran hak elektronik dilakukan manual dan baru awal tahun ini sudah berjalan secara elektronik.

Sejak diterapkan awal tahun sudah ada 60 HTE yang terdaftar. Cecep mengatakan awalnya sedikit yang mendaftar online tapi kini sudah lebih mudah dan cepat.

"Kita dorong agar pendafataran HTE online semua karena Juni 2020 semua kantor pertahanan di Sumsel sudah harus menerapkan pendaftran online," ujarnya ditemui di sela Sosialisasi dan Tutorial Pendaftaran Hak Tanggungan Elektronik dengan Bank Sumsel Babel dan Kanwil BPN Prov Sumsel di Hotel Aryaduta, Rabu, (5/2/2020).

Menurutnya Palembang adalah kota pertama di Sumsel yang menjadi percontohan penerapan HTE.

Selama ini pendafataran HTE dilakukan menjual datang langsung ke BPN antre di loket, verifikasi dan baru disetujui dan dibayar. Tapi dengan metode online lebih mudah karena tinggal daftar nomor sertifikat saja, scan berkas dan upload. Tinggal tunggu berkas diproses tujuh hari kerja dan selesai.

Pendaftaran online juga memudahkan penyimpanan berkas karena disimpan online atau paperless sehingga tidak memerlukan tempat penyimpanan besar. Hanya saja penerapan ini memang belum bisa maksimal karena masih ada kendala jaringan, dibutuhkan laptop dan scanner yang memadai untuk keperluan mengunggah berkas yang diperlukan juga diperlukan SDM yang handal.

Cecep mengatakan pendaftaran secara online memangkas waktu lebih efisien, akurat, tepat waktu efisiensi dan bebas KKN.

Cecep mengatakan pegawai bank BSB diajarkan caranya melakukan pendaftaran secara online baik teori maupun praktek sehingga benar-benar paham saat diimplementasikan dan tidak ada kendala lagi.

Sementara itu Sekretaris Perusahaan BSB M Akil Norman mengatakan kerjasama dengan BPN agar pegawai BSB mengerti caranya melakukan pendaftaran HET online sehingga bisa memangkas birokrasi tidak perlu harus datang ke kantor BPN dan antre tapi cukup bekerja dari kantor saja.

"Hari ini pegawai BSB kita ikutkan pelatihan cara pendaftaran HET online sehingga bisa langsung diterapkan," ujarnya.

Penulis: Hartati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved