Virus Corona

Bukan Hanya Batuk Pilek dan Demam, Ini Gejala Khusus Orang Diduga Terjangkit Virus Corona 

Gejala yang ditunjukkan apabila orang terkena virus tersebut adalah demam tinggi yang berkelanjutan dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celsius

Bukan Hanya Batuk Pilek dan Demam, Ini Gejala Khusus Orang Diduga Terjangkit Virus Corona 
Tribun Sumsel/ Novaldi
Kasie Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sumsel Yusri menjelaskan soal gejala virus Corona 

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG-Masyarakat dapat terjangkit virus corona apabila dalam kondisi daya tahan tubuh lemah.

Gejala yang ditunjukkan apabila orang terkena virus tersebut adalah demam tinggi yang berkelanjutan dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celsius, pilek dan batuk.

Namun dari tanda-tanda tersebut terdapat gejala khusus yang melengkapi penderita virus corona.

Kasie Surveilens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri, Rabu (29/1/2020) menjelaskan, gejala khusus atau pneumoni dari Virus Corona ini adalah adanya rasa sesak dan kesulitan bernafas.

"Kalau batuk pilek demam itu kan biasa dialami, kalau pneumoninya itu sesak artinya paru-paru kita mengalami infeksi berat. Apabila dia mengalami demam batuk pilek disertai sesak nafas artinya ada peradangan di paru-paru, dan itu harus kita periksa lebih lanjut," ujarnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru Persilakan Warga China Datang, Tak Terpengaruh Virus Corona

Dirinya mengatakan yang paling penting adalah jika orang yang mengalami gejala tersebut berasal dari negara terjangkit atau pernah mengalami kontak dengan warga yang terkena virus tersebut.

"Yang terpenting kalau orang tersebut pernah melakukan kontak dengan warga yang terpapar virus itu atau bahkan berasal dari negara yang terjangkit," pungkasnya.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan pihaknya akan melakukan isolasi terhadap orang yang mengalami gejala tersebut.

"Kalau mereka mengalami gejala dan berasal dari negara terjangkit, akan kita isolasi dan akan kita rujuk, termasuk siapa yang mulai kontak dengan dia itu kita cari, dan kapan dia kontak dengan siapa dia kontak akan kita tanya," tegasnya.

BREAKING NEWS, Bupati Larang Tenaga Kerja China Masuk Lahat, Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Dirinya berharap kedepannya virus tersebut tidak sampai di Sumsel khususnya dan di Indonesia pada umumnya sehingga masyarakat dapat bebas beraktivitas.

"Ya alhamdulillah, semoga kedepan virus corona di Sumsel dan negara kita tidak masuk, sehingga warga bisa bebas artinya tidak ada sumber penularan," Ujar Yusri.

Penulis: Novaldi Hibaturrahman
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved