Berita Palembang

Desainer Palembang Liant Tampilkan Busana Baba Nyonya Peranakan di Sleman Imlek Festival

Desainer asal Palembang, Mgs M Brilliant Hidayah atau yang sering disapa Liant bersama Vita mengikuti fashion show di Sleman Imlek Festival

Desainer Palembang Liant Tampilkan Busana Baba Nyonya Peranakan di Sleman Imlek Festival
Handout/ Mgs M Brilliant Hidayah
Desainer asal Palembang, Mgs M Brilliant Hidayah atau yang sering disapa Liant bersama Vita mengikuti fashion show di Sleman Imlek Festival. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Desainer asal Palembang, Mgs M Brilliant Hidayah atau yang sering disapa Liant bersama Vita mengikuti fashion show di Sleman Imlek Festival.

Liant bersama Vita menampilkan Baba Nyonya Peranakan.

"Fashion show kali ini bertema Baba Nyonya Peranakan. Desain ini terinspirasi dari gaya busana baba nyonya," kata Liant, Selasa (28/1/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, kata baba diperuntuhkan untuk pria keturunan peranakan Thionghoa yang telah menikah.

Sedangkan kata nyonya itu diperuntuhkan untuk wanita peranakan atau istri peranakan Thionghoa.

Busana yang dipakai merupakan busana keseharian baba nyonya tempo dulu yang sedikit diberi sentuhan kebaya modern dengan potongan longgar di bagian bawahnya.

"Kebaya yang saya tampilkan ini merupakan pengembangan dari kebaya encim atau kebaya nyonya dengan saroong ecoprint karya Yulvita. Yang di buat sedemikian simple agar nyaman untuk kalangan umum dan muda," jelasnya.

Menurutnya, tema tersebut dipilih karena bersamaan datangnya hari raya Imlek.

Di mana budaya peranakan Thionghoa sangat erat dengan hari besar Imlek.

"Selain itu saya sebagai desainer memang sudah sejak lama hampir 6 tahun khusus berkecimpung dalam fashion peranakan, khususnya untuk kebaya encim dan batik peranakan," kata Liant yang sudah berusia 28 tahun.

Kemudian untuk bahan yang di pakai untuk kebaya adalah katun blaco dengan teknik bordir motif bunga-bunga dan saroong teknik ecoprint berbahan sutera.

"Untuk harganya Rp 500 ribu untuk kebaya dan Rp 1,2 juta untuk saroong ecoprintnya. Bagi yang berminat bisa dilihat-lihat di Instagram @belagaknian," bebernya.

Sementara itu berbagai fashion show pernah Liant ikuti seperti Yogya Fashionhion Week 2016, Jakarta Food Fashion Festival 2017, Indonesia Fashion Week 2017 dan beberapa kali show di kedutaan Singapura dalam pekan budaya Indonesia.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved