Sprinter Lalu Muhammad Zohri Nyaris ke China Ikuti Kejuaaran Atletik Asia Indoor 2020

Sprinter Lalu Muhammad Zohri Nyaris ke China Ikuti Kejuaaran Atletik Asia Indoor 2020

Sprinter Lalu Muhammad Zohri Nyaris ke China Ikuti Kejuaaran Atletik Asia Indoor 2020
Lalu Muhammad Zohri 

TRIBUNSUMSEL.COM - Kejuaaran Atletik Asia Indoor 2020 yang akan dilangsungkan di Huangzhou, China pada 12-13 Februari dipastikan batal lantaran wabah virus corona.

Diberitakan Kompas.com, pelari andalan Indonesia Lalu Muhammad Zohri dijadwalkan akan mengikuti dua kejuaraan di China sebagai persiapan menuju Olimpiade Tokyo 2020.

Dua event itu yakni 9th Asian Indoor Championship dan World Athletics Indoor Tour.

Namun, Kejuaraan Asia Indoor 2020 atau 9th Asian Indoor Championship batal terlaksana lantaran wabah virus corona yang kian mengkhawatirkan.

Virus yang muncul di Wuhan, China, itu kini telah menyebar ke berbagai negara di dunia dengan catatan lebih dari 2.000 orang terinfeksi dan 56 orang meninggal dunia.

Melihat wabah virus corona yang semakin menyebar luas, akhirnya beberapa event olahraga yang berlangsung di China dibatalkan, termasuk 9th Asian Indoor Championship 2020.

Pengumuman tersebut dikeluarkan oleh Asosiasi Atletik Asia (AAA) hari Minggu (26/1/2020) dan diunggah di akun Instagram resmi milik PB PASI.

Dalam unggahannya, PB PASI mengatakan menerima keputusan AAA untuk membatalkan kejuaraan tersebut.

"Dengan mempertimbangkan kondisi China yang sedang bergelut dengan penyebaran virus Corona dan risiko terhadap atlet dan ofisial atletik, maka Asosiasi Atletik Asia (AAA) dengan terpaksa memutuskan untuk membatalkan kejuaraan Asian Athletic Indoor 2020 yang akan berlangsung pada 12-13 Februari 2020 di Huangzhou, China," tulis PB PASI.

"PB PASI yang berencana menurunkan @lalusprinter (Lalu Muhammad Zohri) sebagai ajang pemanasan sebelum turun di Olimpiade 2020 menerima putusan tersebut dan menyampaikan duka mendalam bagi China dan khususnya Asosiasi Atletik China atas bencana kesehatan ini. Semoga semua bisa ditangani dan kembali seperti semula," lanjut PB PASI dalam unggahannya di Instagram. 

Sebelumnya, kualifikasi tinju untuk Olimpiade Tokyo 2020 juga dibatalkan atas keputusan Gugus Tugas Tinju (BTF) Komite Olimpiade Internasional.

Kualifikasi itu awalnya akan berlangsung di kota awal penyebaran virus corona yakni Wuhan, China, sebelum akhirnya dipindah ke Amman, Yordania, pada 3-11 Maret mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved