Picu Berbagai Penyakit hingga Kanker Anus, Dampak Bahaya Anal Seks

Bukan hanya itu, gaya berhubungan badan itu dapat menimbulkan perlukaan pada anus dan organ di sekitarnya hingga memicu datangnya kanker anus

Picu Berbagai Penyakit hingga Kanker Anus, Dampak Bahaya Anal Seks
shutterstock.
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM - Dari kacamata kedokteran, aktivitas anal seks baik dilakukan secara terpaksa ataupun suka sama suka berisiko tinggi menimbulkan sejumlah infeksi akibat virus maupun bakteri.

Bukan hanya itu, gaya berhubungan badan itu dapat menimbulkan perlukaan pada anus dan organ di sekitarnya hingga memicu datangnya kanker anus.

Akademisi dan Praktisi klinis, Prof. Dr. dr. Ari F. Syam, Sp.PD-KGEH, menerangkan anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk menerima masuknya benda asing dari luar.

Anus hanya berperan sebagai tempat lewatnya feses atau kotoran sehingga jelas organ tubuh itu bisa menjadi sumber infeksi.

Apabila ada benda dimasukkan ke dalam anus secara dipaksa dan tanpa diberikan lubricant (pelumas), maka bersiko menyebabkan dinding anus dan bagian poros usus (rektum) rentan mengalami luka.

Keberadaan luka tersebut kemudiaan memudahkan tertularnya berbagai infeksi dari pasangan yang melakukan anal seks.

"Risiko terjadi luka akan bertambah banyak jika proses anal seks dilakukan secara dipaksa," jelas Ari dalam tulisannya yang ditayangkan dalam laman resmi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Rabu (8/1/2020).

Berbagai penyakit yang mengintai Dia menerangkan berbagai penyakit karena hubungan seks atau sexually transmitted disease (STD) mudah ditularkan lewat aktivitas anal seks.

Berbagai penyakit STD tersebut, antara lain: Human Immunodeficiency Virus (HIV) Herpes simplex Hepatitis B Hepatitis C Human papiloma virus (HPV) 

Anal seks juga berisiko menyebabkan timbulnya penyakit akibat infeksi bakteri, seperti: Onorea Khlamidia Sifilis Shigelosis

Halaman
12
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved