Piala Dunia U20 2021

Stadion Gelora Sriwijaya Tak Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Asprov PSSI Sumsel Sebut Belum Final

Stadion Gelora Sriwijaya Tak Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, ASPROV PSSI Sumsel Sebut Belum Final

Editor: Slamet Teguh
TRIBUN SUMSEL/WENI WAHYUNY
Pertandingan antara Sriwijaya FC kontra SPC (Sriwijaya Press community) yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, Rabu (16/4) 

Stadion Gelora Sriwijaya Tak Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, ASPROV PSSI Sumsel Sebut Belum Final

TRIBUNSUMSEL.COM - Peluang Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring untuk menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia U-20 2021 tampaknya masih terbuka.

Setidaknya hal tersebut, disampaikan oleh Ketua Asprov PSSI Sumsel Ucok Hidayat.

Ucok menjelaskan, meski sudah tersiar kabar jika sudah ada 6 stadion yang bakal digunakan untuk perhelatan Piala Dunia U-20 2021, ia mengaku tetap tenang.

Pasalnya, ia sudah mendapatkan informasi dari PSSI Pusat jika Surat Menpora terkait Host City Piala Dunia U-20 2021 belumlah final sehingga Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring masih terus diperjuangkan.

"Informasi dari ibu Sekjen PSSI (Ratu Tisha Destria) bahwa surat Menpora yang diperdebatkan saat ini yang menyatakan penetapan stadion adalah hasil diskusi dan belum final, semua masih menunggu hasil inspeksi akhir bulan Maret antara FIFA dan PUPR jadi bukan ketetapan dan diharapkan kawan-kawan pers maklum," ungkap Ucok, Jumat (24/1/2020).

Ucok yang mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Sumsel yang tengah mengikuti rapat Kongres PSSI di Bali tengah berusaha mempersiapkan surat kesiapan dari Pemprov sebagai penyelenggara yang ditujukan ke PSSI dan Menpora.

"Kita mempersiapkan surat-surat kesiapan sebagai penyelenggara. Itu menyangkut hospitality, keamanan. Itu mereka butuh secara tertulis. Kalau agreement tanggal 27 kemarin itu belum secara tertulis," kata mantan Manager Tim Sriwijaya FC.

FIFA Wajibkan Setiap Pertandingan di Piala Dunia U-20 2021, Dimeriahkan Minimal 10 Ribu Penonton

Ketua PSSI Sumsel Bersikeras Stadion Jakabaring Jadi Venue Piala Dunia U-20, Kemenpora Bilang Tidak

6 Stadion Ditunjuk FIFA untuk Piala Dunia U-20 2021 Indonesia, Gelora Sriwijaya Jakabaring Tak Ada

Seperti diberitakan beberapa media pada online kemarin ada enam stadion yang menjadi tuan rumah nantinya.

Keputusan ini berdasarkan surat yang diterbitkan oleh Kemenpora setelah rapat koordinasi tentang kelanjutan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Enam stadion tersebut adalah Stadion GBK Senayan, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandaka Krida Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Ini menjadi sebuah kejelasan, sebab sebelumnya ada 10 stadion yang awalnya diajukan oleh PSSI kepada FIFA. Tadinya, FIFA hanya menginginkan empat stadion saja.

Namun, setelah bertemu dengan PSSI beberapa hari yang lalu akhirnya FIFA menyetujui untuk menambah dua stadion lagi.

FIFA juga memberikan catatan yaitu enam stadion yang dipilih harus didukung dengan lima lapangan untuk latihan.

Dikonfirmasi secara terpisah, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto menyebut jika keputusan itu bersifat resmi.

"Stadion awalnya 4 stadion setelah 10 stadion yang diajukan PSSI. Tapi kembali menjadi enam stadion. Untuk tanggal sendiri akan berlangsung 24 Mei sampai 12 Juni 2021. Setahun sebelumnya akan count down dilakukan 100 hari sebelum terlaksana," kata Gatot.

Di sisi lain, FIFA nantinya akan ke Indonesia pada Maret 2020. Mereka bakal melihat sejauh mana kesiapan PSSI dan pemerintah Indonesia untuk menggelar Piala Dunia U-20. (SP/Abdul Hafiz)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved