Wisata dan Kuliner

Tahun Ini Mulai Dibangun Fasilitas Pendukung Kawasan Wisata Air Terjun Sanghe Empat Lawang

Dinas Pariwisata Empat Lawang berencana membangun dan mengembangkan fasilitas wisata Air Terjun Sanghe (Nama Air Terjun), di Desa Terusan Baru

Tahun Ini Mulai Dibangun Fasilitas Pendukung Kawasan Wisata Air Terjun Sanghe Empat Lawang
Sripo/ Andi Wijaya
Dinas Pariwisata Empat Lawang berencana membangun dan mengembangkan fasilitas wisata Air Terjun Sanghe (Nama Air Terjun), di Desa Terusan Baru, Kecamatan Tebing Tinggi 

TRIBUNSUMSEL.COM, EMPATLAWANG-Dinas Pariwisata Empat Lawang berencana membangun dan mengembangkan fasilitas wisata Air Terjun Sanghe (Nama Air Terjun), di Desa Terusan Baru, Kecamatan Tebing Tinggi.

Kepala Dinas Pariwisata Empat Lawang, Mgs Nawawi mengatakan, tahun 2020 ini destinasi wisata air terjun Sanghe akan di kembangkan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK)

"Air terjun Sanghe akan dikembangkan mengunakan dana DAK," kata Wawi, Minggu (19/1/2020).

Adapun fasilitas yang akan dibuat di lokasi air terjun Sanghe rencananya pelataran parkir, musalah, menara pandang, pagar pembatas, gazebo, gerbang identitas destinasi pariwisata.

"Peninjauan sudah, Dinas Pariwisata bersama konsultan perencanaan dan melibatkan Kepala Desa, disana juga akan dibangun kios pedagang dan juga pembangunan destinasi, ini disinergikan dengan program pariwisata desa Terusan Baru sehingga apa yang di bangun tidak tumpang tindih nantinya," jelasnya.

Air Mancur Menari Objek Wisata Baru Sekayu, Malam Hari Makin Cantik dengan Gemerlap Lampu

Dari sana diharapkan akan ada retribusi yang akan dikelola sehingga bisa menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Untuk sekarang belum diambil retribusinya, tapi kedepan kalau sudah dikelola dengan baik wisata air terjun Sanghe nanti akan menambah PAD," katanya.

Melalui pengembangan potensi wisata air terjun Sanghe ini dengan harapan kedepannya pembangunan dan pengembangan destinasi wisata ini dapat dinikmati masyarakat Empat Lawang dan menjadi aset wisata yang tidak kalah dengan destinasi wisata di kota lainnya.

"Sehingga masyarakat Empat Lawang tidak usah jauh lagi untuk bisa menikmati destinasi wisata alam karena keindahan alam kita tidak kalah cantiknya dengan daerah lain jika dikembangkan dan dikelola dengan baik," katanya.

Bagi warga yang hendak berkunjung ke lokasi Air Terjun Sanghe ini tidaklah sulit.

Kartini Milenial Award Kembali Digelar Tahun 2020, Penggiat Wisata Bisa Ikut

Dari kota Tebing Tinggi untuk menuju Desa Terusan Baru hanya ditempuh dengan jarak sekitar 7 km dan kembali menempuh waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja.

Pengunjung bisa menumpang kendaraan angkutan desa maupun ojek gandeng (Bentor)

Sesampai di Desa Terusan Baru, bisa langsung bertanya kepada masyarakat setempat.

Dari Desa Terusan Baru untuk menuju lokasi bisa menggunakan jalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua jalan telah dibangun dengan cor semen dengan jarak tempuh beberapa menit saja. (Sp/ Andi Wijaya)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved