Berita Muara Enim

Irigasi Rusak Akibat Longsor, Sawah di Desa Datar Lebar Semendo Terancam Kering

Sawah Irigasi seluas 36,5 hektare di Desa Datar Lebar, Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muaraenim terancam kering

Irigasi Rusak Akibat Longsor, Sawah di Desa Datar Lebar Semendo Terancam Kering
Istimewa
Siring irigasi di Desa Datar Lebar, Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muaraenim rusak akibat longsor, Kamis (16/1/2020) 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM- Sawah Irigasi seluas 36,5 hektare di Desa Datar Lebar, Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muaraenim terancam kering.

Pasalnya siring irigasi untuk kebutuhan air di persawahan tersebut longsor.

Hal inipun dibenarkan oleh Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Muaraenim, Ulil Amri saat ditemui Tribunsumsel.com, Kamis, (16/1/2020).

"Ancaman kekeringan tersebut disebabkan karena adanya siring irigasi yang longsor atau ambrol ke jurang dari ketinggian 6 meter dengan panjang dengan panjang 20 meter," katanya.

Dikatakannya dari kejadian tersebut selain longsor, sekitar 40 meter siring irigasi tersebut rusak dan butuh perbaikan segera.

Supaya Aman Dilalui Kendaraan, Satlantas Polrestabes Palembang Perbaiki Jalan Rusak 

"Kalau tidak diperbaiki secepatnya, sekitar 36,5 hektar sawah di kelompok tani padang baru di desa Datar Lebar terancam kering, karena irigasi jadi terhenti dengan adanya kejadian tersebut, "jelasnya.

Ia juga mengatakan untuk penanggulangan sementara, para petani mencoba mengatasinya dengan perbaikan seadaanya.

"Rencana petani,dikawasan tersebut, akan di pasang papan pancuran dan pipa seadanya saja untuk menyalurkan air kesawah, jangan sampai sawah mereka kekurangan air," katanya.

Ditambahkannya terkait peristiwa tersebut, pihaknya akan mencarikan solusi untuk perbaikan siring tersebut.

"Kita berharap, perbaikannya dapat dianggarkan melalui anggaran bencana, karena ini terjadi akibat bencana alam yakni longsor, nanti akan kita rapatkan terlebih dahulu, apa yang harus kita lakukan," pungkasnya.

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved