Spirit Bisnis

Berawal Hobi Pelihara Iguana Jadi Bisnis Menguntungkan, Anca Layani Pesanan Hingga Luar Sumsel

Ardhinyansah Nugraha (30) pencinta reptil, tak menyangka bahwa hobinya memelihara reptil yaitu iguana mendatangkan pundi-pundi uang yang menguntungkan

Berawal Hobi Pelihara Iguana Jadi Bisnis Menguntungkan, Anca Layani Pesanan Hingga Luar Sumsel
Istimewa
Ardhinyansah Nugraha (30) pencinta reptil, tak menyangka bahwa hobinya memelihara reptil yaitu iguana mendatangkan pundi-pundi uang yang menguntungkan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -Ardhinyansah Nugraha (30) pencinta reptil, tak menyangka bahwa hobinya memelihara reptil yaitu iguana mendatangkan pundi-pundi uang yang menguntungkan.

"Awal mula saya menyukai iguana sejak 7 bulan yang lalu," kata Ardhinyansah Nugraha warga Griya Intikom Kelurahan Srimulya, Kecamatan Sematang Borang, Palembang, Selasa (14/1/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, alasannya memilih reptil yang suka memakan sayur-sayuran ini, karena corak warna yang dihasilkan.

Sebab iguana ini memiliki tahapan mutasi berbeda-beda, jika tahapan tersebut sudah dilewati tentu akan menghasilkan corak yang indah.

Geliat Bisnis Perhotelan di Palembang, Makin Bergairah Sejak Gabung Pemasaran Online

"Misal indukan Iguana Green Colombia yang saya punya jika dikawinkan dengan Blue Red, belum tentu menghasilkan anakan yang sama dari keduanya," kata Ardhinyansah Nugraha atau yang sering disapa Anca.

Menurutnya, bisa saja jadinya albino ataupun jenis lainnya.

Karena rasa penasaran itu lah akhirnya membuatnya terus mengembangbiakkan berbagai jenis iguana ini.

"Awalnya saya hanya punya satu iguana jenis Green Colombia. Namun kini saya punya berbagai jenis iguana seperti Green Colombia, Green El Savador, Red, Albino, Red Axantic atau Blue Red," bebernya.

Ia pun menceritakan, awal mula terjun ke dunia bisnis reptil bermula saat mengawinkan berbagai indukan iguana yang menghasilkan ratusan telur.
Sehingga jumlah iguana yang dimiliki terus bertambah.

"Lalu saat teman-teman komunitas main ke rumah mereka memberi saran, kenpa tidak dijual belikan saja. Saya berfikir benar juga, nah dari situlah akhirnya saya memfokuskan bisnis tersebut," ungkapnya.

Halaman
12
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved